Survei IDEAS-GREAT Edunesia, Banyak Daerah Defisit Daging Kurban

Rabu 12-06-2024,13:36 WIB
Reporter : Sulis Utomo
Editor : Sulis Utomo

BACA JUGA:Maksimalkan Potensi Kopi Sumsel, PJ Gubenur Siap Bersaing Dengan Kopi Korea Selatan

Tidak meratanya potensi kurban ini, kata Haryo, mencerminkan kesenjangan pendapatan antar wilayah yang akut di Indonesia. 

Sehingga guna melajukan intervensi daging bagi kelompok termiskin, menurut  Haryo, dibutuhkan reformasi berupa kolaborasi kegiatan kurban. 

Program distribusi hewan kurban dari daerah surplus ke daerah minus, lanjut Haryo, sangat tepat dan penting.

Dalam rangka  penyaluran kurban yang tepat sasaran dan signifikan, dengan tujuan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan si miskin.

BACA JUGA:Ini 7 Tanda Rumah Sedang Terkena Sihir atau Santet

BACA JUGA:Pakai Feeling, Syifa dan Jerry Lolos Grand Final Sang Juara 2024, Wakili SMK Negeri 3 Palembang

Masih menurut Haryo, mengacu studi kasus program tebar hewan kurban dari LAZ Dompet Dhuafa (THK-DD) bahwa meningkatkan kemanfaatan kurban secara signifikan dapat dilakukan dengan rekayasa sosial.

 “Pada 2023, dari ribuan titik distribusi program THK-DD, kami temukan daerah distribusi secara umum adalah daerah dengan rerata konsumsi daging yang sangat rendah, bahkan mendekati nol,” ungkap Haryo.

Haryo mencontohkan di Jawa, daerah distribusi kurban program THK-DD seperti di Ngawi, rerata konsumsi daging 0,01 kg/kapita/tahun, Kab. Magelang (0,18 kg/kapita/tahun), dan Pandeglang (0,06 kg/kapita/tahun). 

Sedangkan di luar Jawa, lanjut Haryo, daerah distribusi program THK-DD seperti di Seram Bagian Barat dengan rerata konsumsi daging hanya 0,01 kg/kapita/tahun, Kubu Raya (0,08 kg/kapita/tahun), Sigi (0.16 kg/kapita/tahun), dan Halmahera Utara (0.11 kg/kapita/tahun).

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Ajak PT Ayo Media Network Bantu Publikasikan Potensi Pariwisata Sejarah Sumsel Ke Mancanegara

BACA JUGA:Hp Flagship Pertama Infinix GT Ultra Resmi Hadir di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

Sehingga, lanjut Haryo, program Tebar Hewan Kurban sangat tepat, dan efektif dalam meningkatkan konsumsi daging mustahik.

 

Kategori :