Modernisasi Pendidikan Madrasah, Kemenag Sumsel Kini Siapkan Program Kelas Digital Madrasah

Kamis 13-06-2024,16:34 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

“Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif dan progresif bagi generasi kita. Dengan kolaborasi dan kerjasama yang kuat, saya yakin kita akan meraih kesuksesan bersama,” seru Syafitri.

Sebagai informasi, Program Kelas Digital Madrasah sendiri mencakup penggunaan berbagai platform pembelajaran online, seperti Learning Management System (LMS), aplikasi video conference, dan bahan ajar digital yang interaktif.

Dengan ini, siswa dapat belajar secara mandiri dan fleksibel, sementara guru dapat mengelola kelas dengan lebih efisien serta memberikan umpan balik yang cepat dan tepat.

BACA JUGA:SELAMAT! Kemenag Terima Penghargaan Digital Government Award, Ini Kategori yang Diterima

BACA JUGA:Setelah Kemenag, Giliran Kemenhub Beri Teguran Keras ke Garuda, Imbas Buruknya Pelayanan Haji 2024

Beberapa komponen persyaratan dalam kelas digital antara lain kesiapan kelas itu sendiri, listrik, proyektor atau papan tulis interaktif, internet, laptop/dekstop untuk guru mengajar, learning management system (LMS), laptop/tablet untuk siswa, dan jika memungkinkan juga disiapkan sistem management school (SMS)- nya.

Selain komponen tersebut, tentunya kesiapan warga madrasah menjadi hal utama.

Diawali komitmen kuat kepala madrasah untuk mengubah pola pikir yang lebih maju khususnya penerapan digital.

Dukungan dari orangtua dan siswa juga menjadi faktor penting agar kelas digital bisa berjalan.

Usai launching, Kanwil Kemenag Sumsel juga memberikan penghargaan kepada beberapa madrasah yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam mengimplementasikan teknologi digital dalam proses pembelajaran.

Penghargaan diberikan kepada 67 madrasah dari 94 madrasah negeri yang ada di Sumsel, dengan rincian 21 MAN, 24 MTsN, dan 22 MIN.

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Kategori :