Semifinal Euro 2024 Prediksi dan Preview Spanyol vs Prancis, Masihkah Fortuna Bersama Prancis?

Selasa 09-07-2024,12:57 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

Jumlah peluang yang diberikan kepada rekan satu timnya juga merupakan yang terbanyak bagi seorang remaja di turnamen besar sejak pencatatan Opta dimulai (1966 untuk Piala Dunia, 1980 untuk Euro). 

BACA JUGA:Sydney Hopper Dapat Pujian dari Coach Mochi, Punya Postur Bagus Semoga Masuk Timnas Putri Indonesia

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Juara MotoGP Jerman 2024, Geser Jorge Martin di Puncak Klasemen

Pemain sayap Barcelona ini telah membuat tiga assist dari peluang tersebut, termasuk umpan sempurna pada hari Jumat untuk Olmo, dan tidak ada pemain Spanyol yang mencatatkan lebih banyak di satu turnamen Kejuaraan Eropa. 

Namun ini bukanlah tim tradisional Spanyol, dengan dominasi penguasaan bola dikorbankan demi efisiensi klinis di lini depan dan ketangguhan pertahanan di lini belakang. 

Spanyol mencatatkan total penguasaan bola yang lebih rendah dibandingkan lawannya dalam dua dari lima pertandingan Euro 2024 (48% vs Jerman, 47% vs Kroasia).

Angka tersebut lebih banyak dibandingkan yang mereka capai dalam 44 pertandingan di turnamen besar antara Piala Dunia 2006 dan 2022 (sekali di final Euro 2008 vs Jerman, 46%). 

BACA JUGA:Progres Positif Timnas Putri Indonesia Ditangan Satoru Mochizuki, Jelang Laga Ujicoba Lawan Hongkong

BACA JUGA:Hasil Perempat Final Euro 2024: Belanda vs Turki, Timnas Pusat Berhasil Comback dan Lolos Semifinal

Terlepas dari metode yang digunakan, Spanyol akan mengincar untuk mencapai final Kejuaraan Eropa kelima, dengan hanya Jerman (6) yang berhasil mencapai final tersebut.

Tim Spanyol telah lolos dari empat dari lima semifinal tetapi kalah adu penalti dari Italia yang akhirnya menjadi juara pada tahap ini di Euro 2020. 

Prancis akan berusaha mencapai final Euro keempat mereka, setelah mencapainya pada tahun 1984, 2000 dan 2016, namun ini merupakan final kedua yang tidak dimainkan di tanah Prancis (Euro 2000 di Belanda). 

Berbeda sekali dengan Spanyol, Les Bleus sejauh ini gagal tampil mengesankan di edisi kali ini. Pasukan Deschamps mengalahkan Portugal melalui adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol pada hari Jumat, dengan Prancis kembali gagal mencetak gol. 

BACA JUGA:Hasil Babak Perempat Final Euro 2024: Inggris vs Swiss, The Three Lions ke Semifinal via Menang Adu Penalti

BACA JUGA:Pertandingan Perempat Final Euro 2024 Prediksi dan Preview Belanda vs Turki, Head to Head Tim Offensive

Hanya ada empat gol yang dicetak dalam lima pertandingan Prancis di Euro 2024 (tiga menguntungkan, satu kebobolan), baik penalti (2) atau gol bunuh diri (2). 

Kategori :