Kementerian PUPR Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca Pada 43 Bendungan di Jawa, Ini Tujuannya?

Rabu 10-07-2024,16:40 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

JAKARTA, PALPRES.COM- Dalam mengantisipasi dampak kekeringan di musim kemarau 2024 pada sejumlah bendungan di pulau Jawa.

Kementerian PUPR Republik Indonesia bersama dengan BMKG, BRIN dan TNI AU melakukan modifikasi cuaca di 43 bendungan agar menjaga debit air tampungan pada bendungan tersebut.

Dimana puluhan bendungan di Jawa itu sendiri dikelola langsung Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Republik Indonesia.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia mengatakan, bahwa dengan menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada 43 bendungan yang tersebar di pulau Jawa untuk menjaga kondisi debit air.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Sulap Kawasan Permukiman Kumuh di Sleman Dengan Dana Rp29,29 Miliar

“Kita juga mengantisipasi dampak kekeringan yang bakal terjadi di tahun 2024 ini. Karena saat ini telah memasuki musim kemarau,” kata Bob.

Dia menjelaskan, dari hasil teknologi modifikasi cuaca yang telah dilakukan bersama BMKG, BRIN dan TNI AU menunjukkan data adanya peningkatan inflow.

Meskipun memang tidak begitu masif namun ada curah hujan yang turun kendati ringan (0,5-20 mm per hari) di 22 bendungan.

Serta curah hujan sedang itu pada 12 bendungan 20 sampai 50 mm per hari.

BACA JUGA:Tersedia Banyak Posisi! Kementerian PUPR Buka Lowongan Kerja untuk Semua Jurusan, Bisa Daftar di Sini

"Inflow waduk yang terjadi selama kegiatan TMC sebesar 0 – 60,22 m3/detik. Volume inflow waduk selama kegiatan TMC berlangsung bertambah sebesar 63.853.170 m3. 

Sehingga kegiatan TMC dapat dilaksanakan sebagai upaya mitigasi kekeringan untuk tahun-tahun mendatang dan jika diperlukan dapat juga dilakukan untuk mitigasi pada musim hujan agar tidak terjadi banjir," jelas Bob Lombogia. 

Bob pun menerangkan kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca itu sudah dimulai pada 1 sampai 10 Juni 2024 di 3 posko dari 4 posko yang dijadwalkan.

1. Lapangan udara Husain Sastranegara posko 2

BACA JUGA:Mendukung Pariwisata Indonesia, Kementerian PUPR Lakukan Ini di Pantai Plengkung Banyuwangi

Kategori :