Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Triwulan 1 2024 Tertinggi se Sumatera

Jumat 12-07-2024,14:41 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sumatera Selatan mencatatkan pertumbuhan ekonomi 5,06 persen year on year (YoY) pada triwulan 1 tahun 2024 yang menjadi tertinggi se Sumatera. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan (Kakanwil) Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Ricky P Gozali dalam Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi (LPP) Sumatera Selatan Triwulan I 2024, Kamis 11 Juli 2024.

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel menguat didorong oleh akselerasi belanja pemerintah dan meningkatnya produktivitas produk pertanian.

"Kinerja perekonomian Sumatera Selatan tercatat lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi regional Sumatera yang tercatat sebesar 4,24% (yoy) namun lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat 5,11% (yoy),"ungkap Ricky P Gozali. 

BACA JUGA:Sinergi Bank Indonesia dan TP2DD, 18 Kabupaten/Kota di Sumsel Sudah Masuk Kategori Pemda Digital

BACA JUGA:Bank Indonesia Catat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I 2024 Meningkat, Ini Kebijakan yang Diperkuat

Dari sisi pengeluaran, kinerja Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada triwulan 1 2024 bersumber dari komponen konsumsi rumah tangga dan kinerja investasi yang memberikan andil tertinggi. 

Peningkatan kinerja ekonomi pada triwulan laporan juga berasal dari peningkatan konsumsi pemerintah namun tertahan oleh kinerja ekspor yang terkontraksi lebih dalam.

Dari sisi Lapangan Usaha (LU), pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan pada triwulan 1 2024 didorong oleh komponen LU Pertanian. 

Sementara itu, pertumbuhan LU Pertambangan clan Penggalian serta LU Industri Pengolahan yang memiliki andil tertinggi cenderung mengalami perlambatan.

BACA JUGA:Bank Indonesia Pertahankan BI-Rate 6,25 Persen

BACA JUGA:Bank Indonesia dan TPID Wilayah Sumatera Launching ANDALAS, Ini 3 Program Unggulannya

Perkembangan Inflasi Daerah

Gabungan inflasi di Sumatera Selatan pada triwulan | 2024 tercatat sebesar 3,24% (yoy), meningkat dibandingkan dengan triwulan IV 2023 yang sebesar 3,17% (yoy).

Inflasi Sumatera Selatan pada triwulan laporan tercatat lebih tinggi dibandingkan inflasi nasional yang tercatat sebesar 3,05% (yoy). 

Kategori :