Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Triwulan 1 2024 Tertinggi se Sumatera

Jumat 12-07-2024,14:41 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

Pada Maret 2023, tingkat kemiskinan masyarakat Sumatera Selatan mengalami penurunan bila dibandingkan periode September 2022. 

Di sisi lain, tingkat kesenjangan masyarakat tercatat mengalami peningkatan pada Maret 2023. 

Meski demikian, optimisme masyarakat Sumatera Selatan terhadap penghasilan ke depan yang relatif baik seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat tercermin dari hasil dari Survei Konsumen.

BACA JUGA:CATAT! Ini Jadwal, Lokasi dan Cara Penukaran Uang untuk Lebaran 2024 di Bank Indonesia Wilayah Sumsel

Prospek Perekonomian

Ekonomi Sumatera Selatan diperkirakan akan tetap tumbuh kuat tahun 2024 didukung oleh inflasi yang terjaga dan ditopang oleh permintaan domestik yang kuat. 

Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan pada tahun 2024 diperkirakan tumbuh menguat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Hal tersebut didukung oleh permintaan domestik yang kuat dan dukungan belanja pemilu pada tahun politik serta kondisi cuaca yang lebih kondusif.

BACA JUGA:Diklat Kader Bela Negara PCPM Bank Indonesia 2024 Resmi Ditutup, Kabadiklat Kemhan Harapkan Ini

Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan terutama ditopang oleh beberapa komponen sisi permintaan terutama konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang membaik. 

Dari sisi lapangan usaha, beberapa lapangan usaha (LU) diprakirakan tumbuh menguat, seperti LU Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, LU Industri Pengolahan, dan LU Kontruksi di tengah tertekanannya kinerja LU Pertambangan dan Penggalian. 

Tetap tumbuh kuatnya ekonomi Sumatera Selatan ditopang oleh inflasi yang semakin terkendali dan diperkirakan tetap berada pada kisaran target. 

Inflasi Sumatera Selatan pada keseluruhan tahun 2024 diperkirakan masih terkendali dan tetap berada pada kisaran target inflasi nasional sebesar 2,5±1% (yoy).

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Kategori :