Apel Siaga Karhutla OKI 2024: PT Kelantan Sakti Siapkan Satgas dan Sarpras Karhutla Perusahaan

Senin 15-07-2024,20:01 WIB
Reporter : Mujianto
Editor : Mujianto

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Dalam rangka kesiapsiagaan darurat penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) tahun 2024, PT Kelantan Sakti bersama TNI/Polri, Muspida dan beberapa perusahaan lainnya menggelar acara Apel Siaga.

Pj Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Ir Asmar Wijaya yang bertindak selaku inspektur upacara dalam Apel Siaga mengamanatkan seluruh stakeholder melakukan langkah-langkah pencegahan karhutla yang nyata dan secara terpadu.

“Dampak karhutla tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten OKI, akan tetapi juga dirasakan oleh masyarakat di provinsi lain, bahkan sampai ke negara tetangga.

Selain kabut asap yang secara langsung dapat mengganggu kesehatan masyarakat, karhutla juga menimbulkan kerugian ekonomi, khususnya kepada pemilik lahan maupun perkebunan yang dilanda bencana karhutla.

BACA JUGA:Risiko Karhutla Tinggi, Pj Bupati OKI Sebut Pentingnya Pencegahan Dini

BACA JUGA:Operasi Patuh Musi 2024, Kapolres OKI: Ini Langkah Awal Menciptakan Perubahan Positif di Jalan Raya

Oleh karena itu, seluruh pihak harus melakukan langkah-langkah pencegahan secara nyata, yakni kesiapsiagaan Satgas Karhutla dan juga sarana dan prasarana untuk mengantisipasi terjadinya karhutla di wilayah Kabupaten OKI,” ujar Asmar Wijaya pada acara Apel Siaga Karhutla di GOR Biduk Kajang Kayuagung, Jumat 12 Juli 2024.

Pada kesempatan tersebut, Asmar Wijaya juga mengukuhkan camat se-Kabupaten OKI sebagai Komandan Api di wilayahnya, didukung oleh Forkopimcam dan stakeholder terkait.

Terpisah, PT Kelantan Sakti sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di Kabupaten OKI juga menyambut baik amanat dari Pj Bupati OKI untuk melakukan langkah-langkah nyata guna mencegah terjadinya karhutla di wilayah operasional perusahaan dan sekitarnya.

“Sebagai salah satu perusahaan yang berada di Kabupaten OKI, kami menyambut baik atas amanat yang disampaikan.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U19 Masuk Daftar Calon Kuat Juara Piala AFF U19 2024, Bersaing dengan 4 Negara Kuat Lainnya

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru PT Cobra Dental Indonesia Lulusan D3 dan S1, Banyak Benefitnya Ini Syaratnya

Perusahaan juga telah mensiap-siagakan Tim Karhutla perusahaan serta sarana dan prasarana penunjang pencegahan dan pemadaman karhutla.

Oleh karena itu kami juga siap berkoordinasi dengan Forkopimcam terkait, sebab tujuan kita disini semua sama, yakni tidak adanya kebakaran hutan dan lahan,” ujar Group Manager PT Kelantan Sakti, Juniansyah Sinaga.

Acara Apel Siaga Penanggulangan Karhutla Tahun 2024 di Kabupaten OKI, diawali dengan pengecekan kesiapan pasukkan gabungan diantaranya Pasukan TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD OKI, RPK Perusahaan, Satpol PP/Damkar dan Dishub.

Kategori :