Diprediksi Petahana Lawan Kotak Kosong didalam Dua Pilkada di Sumsel

Kamis 18-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pengamat memprediksi dua pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sumatera Selatan diprediksi bakal dimenangkan petahana.

Tak hanya itu isu Kotak kosong akan menjadi lawan bupati-wakil bupati yang menjabat saat ini. Kalaupun ada lawan, mereka hanya sebagai 'boneka' saja atau agar Pilkada terlihat lebih demokratis.

Yang dimana prediksi fenomena kotak kosong itu disebut Pengamat Politik Sumatera Selatan M Haekal Al Haffafah akan terjadi di Pilkada Ogan Ilir dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Bupati-Wakil Bupati OI, Panca Wijaya Akbar-Ardani, dan Bupati-Wakil Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah-Adi Nugraha Purna Yudha, akan kembali bertanding di Pilkada 2024.

BACA JUGA:Kepala BKKBN RI Kukuhkan Pj Gubernur dan Pj Ketua TP-PKK Sumsel Sebagai Duta Bapak Anak Stunting

BACA JUGA:TAK BISA MENGHINDAR! 7 Weton Ini Dikejar Rezeki dari Segala Penjuru Arah Tahun 2024

"Dua kabupaten yang secara politik sangat kuat potensi terjadi kotak kosong di Pilkada nanti, pertama adalah Ogan Ilir dan kedua OKU Timur," ujar Haekal, Rabu 17 Juli 2024

Tak hanya itu menurutnya, prediksi itu mengingatkan tentang fenomena dalam desentralisasi yang dijelaskan Ilmuwan Politik Jhon T Sidel. 

Lalu Dalam penjelasannya, ada istilah local strongman (fenomena orang kuat) yang sentralistik memonopoli kekuatan politik lokal.

"Sebab, perbincangan mengenai fenomena peluang kotak kosong ini erat kaitannya dengan konstruksi pemerintahan politik dinasti. Kalau kita baca peta politik saat ini, hanya dua kabupaten yakni OKU Timur dan Ogan Ilir yang kecenderungannya seperti itu," ungkap Dosen FISIP Unsri ini.

BACA JUGA:Lowongan Kerja PT Thiess Engineering Indonesia Terbaru untuk Lulusan SMA SMK, Begini Cara Lamarnya!

BACA JUGA:Kemenperin Dorong Sektor Industri Unggulan di Sumsel Melalui Penerapan Standar Industri Hijau

Tak hanya itu yang dimaksud local strongman yang dimaksud dalam dua Pilkada itu ada nama Bakal Calon Gubernur Sumsel yang sebelumnya berpasangan namun berpisah di Pilgub kali ini.

Yakni Herman Deru dan Mawardi Yahya.

Kekuasaan politik mantan Gubernur Sumsel Herman Deru di OKU Timur masih terasa kental.

Kategori :