200 Personel Polda Sumsel Siap Lawan Karhutla, Kapolda: Ini Kolaborasi Hebat dengan Manggala Agni

Minggu 21-07-2024,15:06 WIB
Reporter : Jonison
Editor : Jonison

Irjen Rachmad Wibowo mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 200 personel yang siap dilatih oleh instruktur dari Manggala Agni.

BACA JUGA:Kombes Sunarto Bagikan Tropi dan Piagam Kasi Humas Berprestasi dan Pemenang Lomba

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Minta Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Masyarakat

“Kami telah menyediakan 200 personel yang akan dibekali keterampilan dan kelengkapan seperti sepatu karet, masker, kacamata anti asap, jet shooter, kepyok api, bola pemadam kebakaran hingga drone dan seluruh kendaraan operasional pendukung di lapangan,” rincinya.

Kapolda Sumsel juga memaparkan data daerah yang rawan terjadinya karhutla di wilayah Sumsel.

“Daerah yang saat ini rawan karhutla utamanya adalah kabupaten Ogan Ilir, kabupaten Ogan Komering Ilir, dan kabupaten Banyuasin.

Namun, daerah lain juga sudah mulai terdapat titik panas atau hotspot,” ujarnya.

BACA JUGA:Polda Sumsel Unjuk Kekuatan Personel dan Perlengkapan, Siap Tanggulangi Karhutla di Sumsel

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Bakal Turunkan Tim Terkait Penambangan Liar (PETI) di IUP PTBA, Tidak Boleh Ada Pembiaran!

Ia menegaskan bahwa telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolres jajaran untuk aktif melakukan sosialisasi dan mitigasi karhutla dengan menggandeng semua pihak, termasuk perusahaan pemilik lahan perkebunan di wilayah masing-masing.

“Kemarin terjadi kebakaran di Lorok Indralaya, 10 hektar lahan terbakar. Untungnya petugas di sana sigap, bahkan Kapolres Ogan Ilir turut serta memadamkan api. Di Muratara juga terjadi kebakaran yang mengakibatkan korban jiwa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto, menyampaikan kesediaannya untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada personel Polda Sumsel.

“Kami sangat mengapresiasi kesempatan untuk rapat kali ini. Kondisi di Manggala Agni memang sangat kekurangan tenaga di lapangan. Dengan adanya bantuan dari Polda dan jajarannya, tentu pekerjaan di lapangan akan semakin ringan. Kami siap memberikan pelatihan keterampilan bagi personel kepolisian,” tegasnya.

 

Kategori :