BLT Rp1.200.000 dan Bantuan Pangan Cair Untuk Warga, Presiden Jokowi Ikut Terjun Menyalurkan

Kamis 25-07-2024,18:01 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

Apakah itu merupakan program Bansos atau bantuan dari Presiden.

Karena kita selalu menyaksikan di sela-sela kunjungan kerja ke daerah-daerah di Indonesia yang dikunjungi oleh Presiden selalu menyediakan jadwalnya untuk menyapa masyarakat di pasar-pasar tradisional dan juga memberikan bantuan berupa bantuan modal kerja dan juga bantuan non tunai berupa barang.

Nah mungkin kamu bertanya apa sih kira-kira yang dibagikan oleh bapak Presiden Jokowi dalam paket bantuan yang diberikan.

Apakah Bansos atau bantuan jenis apa? Nah perlu kalian pahami bahwa bantuan pemerintah itu ada yang disebut dengan bantuan sosial yang dianggarkan dalam APBN.

BACA JUGA:Info Bansos Per 20 Juli 2024, Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 - 4 Cair Via ATM dan POS, Kapan BLT MRP Rp400rb?

Sebagai anggaran perlindungan sosial berupa program-program yang penyalurannya itu sudah terjadwal dan ditujukan kepada target penerima yang sudah diverifikasi dan tervalidasi by data di di DTKS maupun data P3KE misalnya bantuan PKH, BPNT, Bantuan PIP kemudian bantuan PBI dan lain-lain.

Sedangkan Bantuan Presiden atau banpres menurut Sri Mulyani menjelaskan bantuan kemasyarakatan dari Presiden bukan merupakan bagian dari perlinsos anggaran.

Untuk kunjungan presiden dan anggaran untuk bantuan kemasyarakatan dari Presiden itu berasal dari dana operasional Presiden yang berasal dari APBN.

Sebagaimana disampaikan saat memberikan keterangan pada sengketa Pilpres di mahkamah konstitusi.

BACA JUGA:Pemerintah Cairkan 3 BLT Melalui Kemensos Secara Serentak Lewat Rekening Ini, Begini Cara Daftarnya!

Dilansir dari situs resmi Kabupaten Kendal menyebutkan bahwa bantuan Presiden atau banpres biasanya mengiringi kegiatan kunjungan presiden Jokowi saat menemui langsung masyarakat.

Banpres ini dikemas dengan tas berdesain khusus bertuliskan istana kepresidenan Republik Indonesia dan bantuan Presiden Republik Indonesia

Isinya antara lain paket pangan antara lain beras, biskuit, gula pasir, minyak goreng sampai teh celup.

Selain bantuan berupa barang presiden juga memberikan bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM saat kunjungan ke pasar-pasar tradisional.

BACA JUGA:5 Kriteria Warga Ini Bisa Dapat Bansos Dalam Bentuk BLT PKH Pada Akhir Juli ini

Berapa jumlah bantuan yang diberikan dalam amplop yang dibagikan.

Kategori :