Pertamina Hulu Kalimantan Timur Tambah Produksi Migas dari Lapangan Sejadi

Kamis 01-08-2024,17:14 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

BALIKPAPAN, PALPRES.COM- PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) sukses mengebor 2 sumur di lapangan Sejadi yang merupakan Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS).

Alhasil Pertamina Hulu Kalimantan Timur pun sukses menambah produksi Migas.

Dimana dari 2 sumur tersebut memproduksi sebanyak 1.492 Barel Minyak Per Hari (BOPD).

Keberhasilan ini mengiringi pencapaian sebelumnya di tahun 2022.

BACA JUGA:Pertamina Hulu Kalimantan Timur Sukses Jalankan Program CSR Semur Cendawan di Penajam Pasir Utara

Dimana Pertamina Hulu Kalimantan Timur berhasil menambah produksi migas sebesar 1.678 BOPD dan 3,2 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

General Manager Zona 10, Yoseph Agung Prihartono menyatakan bahwa pengembangan lapangan Sejadi merupakan langkah strategis perusahaan dalam mempertahankan produksi migas Wilayah Kerja East Kalimantan dan  Attaka. 

“Kami terus berinvestasi dalam pengeboran sumur-sumur baru yang penting dalam mendukung keberlangsungan produksi migas, ketahanan energi nasional, serta mendukung kebijakan transisi energi Pertamina,” ujarnya.

Yoseph menambahkan bahwa PHKT terus menerapkan beragam inovasi dan teknologi dalam menjalankan operasi dan bisnis migas perusahaan berdasarkan praktik-praktik terbaik di industri migas nasional dan dunia. 

BACA JUGA:Pertamina Hulu Kalimantan Timur Berikan Edukasi Tentang Daerah Terbatas Terlarang Obvitnas

“Pengembangan Lapangan Sejadi ini menerapkan metodologi pengembangan multi disiplin geofisika, geologi, petrofisika, dan teknik reservoir,” jelas Yoseph.

Pengeboran dua sumur Sejadi menggunakan rig jack-up Asian Endeavour-1 (AE-1).

Menurut Yoseph, adanya peningkatan produksi dan cadangan migas dari sumur-sumur pengeboran Sejadi menambah keyakinan perusahaan untuk terus mengembangkan lapangan-lapangan lepas pantai yang sudah sangat mature ini. 

Program pengeboran ini merupakan kolaborasi semua fungsi di PHKT yang didukung PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) selaku induk usaha, dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi perwakilan Kalimantan Sulawesi (SKK Migas Kalsul) dan Subholding Upstream.

BACA JUGA:Begini Cara Pertamina Hulu Kalimantan Timur Dukung Peningkatan Ekonomi Kerakyatan di Daerah

Kategori :