Gandeng Sucofindo Untuk Proyek CCS/CCUS, Bukti Komitmen Pertamina Hulu Energi Dukung Zero Emisi

Selasa 06-08-2024,16:50 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

JAKARTA, PALPRES.COM- Pertamina Hulu Energi (PHE) terus berkomitmen untuk mencapai target zero emisi yang terus digencarkan dalam menghadapi transisi energi.

Salah satunya itu menggandeng Sucofindo dengan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) Tentang Penjajakan Potensi dan Implementasi ISO dalam Penyelengaraan Proyek Carbon Capture Storage (CCS)/ Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS).

Simbolis Penandatangan MoU Tentang Penjajakan Potensi dan Implementasi ISO dalam Penyelengaraan Proyek CCS/CCUS antara PHE dengan Sucofindo ini dilakukan langsung oleh Direktur Keuangan dan Investasi PHE, Dannif Danusaputro dengan Direktur Layanan Industri PT Sucofindo Budi Utomo. 

Penandatanganan yang dilaksanakan di kantor pusat PHE ini dilakukan sebagai bentuk komitmen sekaligus implementasi dari rangkaian program dekarbonisasi yang didukung penuh oleh PHE dalam menjalankan bisnis usaha hulu migas.

BACA JUGA:Komitmen Terapkan Komunikasi DEI dan ESG, Pertamina Hulu Energi Dapat Apresiasi IDEAS Award 2024

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Sukses Selesaikan Survei Seismik 3D Offshore Dilokasi Ini, Hasilnya?

Teknologi CCS/CCUS merupakan tren baru dalam menghadapi transisi energi demi mencapai target Net Zero Emission global. 

Dengan semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan yang ada, implementasi CCS/CCUS di Indonesia diyakini akan dapat mendukung peningkatan produksi migas sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Melalui penguatan kerja sama ini, PHE dan SUCOFINDO akan mematangkan dan menyiapkan rancangan model komersial terkait sertifikasi untuk pengembangan CCS/CCUS di fasilitas produksi atau area kerja PHE.

“Kami yakin teman-teman SUCOFINDO sesuai dengan keahliannya, bisa mensupport kami dari sisi ISO dan dari sisi sertifikasi nanti Kedepannya. 

BACA JUGA:4 Strategi Jitu Dilakukan Pertamina Hulu Energi Menghadapi Era Energi Transisi

BACA JUGA:Capaian Positif Ditampilkan Pertamina Hulu Energi di Ajang IPA Convex 2024, Salah Satunya Ini?

Karena kami melihat, kalau bisa dalam negeri, kenapa harus ke luar negeri lagi terkait sertifikasi ini,” terang Akbar, selaku VP Upstream Innovation PHE.

Penandatanganan MoU ini diharapkan menjadi sebuah momentum kerjasama antara PHE dan Sucofindo untuk bersama-sama menciptakan visi yang sama dalam mendukung dekarbonisasi sebagai bentuk Tanggung jawab bersama untuk menjalankan dan mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060.

Dalam sambutannya, Direktur Keuangan dan Investasi PHE, Dannif Danusaputro, menyampaikan bahwa hal ini merupakan upaya penting bagi PHE dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Kategori :