Gandeng Sucofindo Untuk Proyek CCS/CCUS, Bukti Komitmen Pertamina Hulu Energi Dukung Zero Emisi

Selasa 06-08-2024,16:50 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

"Ini inisiatif yang strategis sekali bagi PHE, karena pada intinya ini adalah salah satu inisiatif yang tidak hanya untuk mengurangi emisi CO2, tapi juga berpotensi untuk membuat bisnis baru untuk upstream yang cukup besar, karena Indonesia Itu bisa berpotensi menjadi Hub untuk CO2 storage,” ujar Dannif.

BACA JUGA:4 Inovasi Dimiliki Pertamina Hulu Energi Raih Penghargaan Internasional

BACA JUGA:Semester Pertama 2024, Pertamina Hulu Energi Catatkan Produksi Migas 1,04 Juta MBOEPD

“Di sini saya melihat peran dari Sucofindo sangat penting, karena melakukan sertifikasi, melakukan assessment, ini proyek yang benar-benar harus bisa diterima oleh pihak internasional,” imbuh Dannif.

Senada dengan Dannif, dalam sambutannya, Direktur Layanan Industri PT Sucofindo, Budi Utomo, juga menyampaikan bahwa keterlibatan Sucofindo dalam proyek ini merupakan salah satu komitmen perusahaan sebagai sinergi sesama BUMN dalam mendukung upaya pemerintah melaksanakan program dekarbonisasi. 

Hal ini sesuai dengan RJPP BUMN 2025 -2034, dalam tema strategis 2034 bahwa BUMN menjadi pelopor ekonomi hijau, khususnya pada program CCS/ CCUS.

”Kami mensupport PHE  untuk pengembangan CCS/ CCUS dalam skala nasional dan internasional melalui peranan SUCOFINDO, sebgai lembaga TIC, dan berlandaskan SNI ISO SNI ISO 27914, SNI ISO TC 27915, SNI ISO TC 27918, dan SNI ISO TC 27923, sesuai dengan skema CCS/CCUS,” ujar Budi Utomo.

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Sukses Raih ESG Rating Medium Karena Komitmen Ini

BACA JUGA:Pertamina Hulu Energi Raih Penghargaan di Korea Selatan Karena 4 Inovasi Ini

MoU ini juga menunjukkan komitmen PHE dalam penurunan emisi karbon sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi melalui investasi, pembukaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan bagi negara dalam rangka mendukung sinergi BUMN. 

Kedepannya kolaborasi ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya nasional melalui sinergitas BUMN untuk meningkatkan investasi dalam negeri. 

Pengembangan teknologi CCS/CCUS sejalan dengan komitmen PHE untuk menerapkan Environmental, Social, & Governance (ESG) di semua lini bisnis perusahaan, untuk mendorong keberlanjutan bisnis di masa depan.

Kategori :