Kilang Pertamina Plaju Dukung Tumbuh Kembang Balita di Banyuasin Dengan MPASI dan PMT Berbasis Kearifan Lokal

Sabtu 21-09-2024,19:18 WIB
Reporter : Ella Sulistiana
Editor : Ella Sulistiana

“Kilang Plaju sangat mendukung upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah Sungai Gerong,” kata Rachmi.

Hal itu untuk terus menciptakan inovasi makanan sehat yang berbahan dasar ikan patin dan pakcoy melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan. 

Diharapkan masyarakat semakin sadar akan potensi lokal dan pentingnya memberikan MPASI berkualitas untuk anak-anak.

Ketersediaan pakan ikan lokal segar seperti Patin sebagai bahan baku MPASI pun cukup mudah didapatkan di lingkungan sekitar Sungai Gerong. 

BACA JUGA:Bunda Wajib Tau, Ini 8 Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan Termasuk Miningkatkan Fungsi Otak

BACA JUGA:Ini 7 Manfaat Kulit Pisang, Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Belida Musi Lestari, Kilang Pertamina Plaju memberdayakan masyarakat pembudidaya ikan untuk menciptakan kawasan perikanan  terintegrasi.

Target jangka panjangnya, diharapkan terbentuk Desa Perikanan Berdikari di Desa Sungai Gerong, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumsel. 

Desa ini akan berperan sebagai sentra produksi pakan ikan, sentra pembenihan perikanan, dan sentra olahan perikanan berdikari dan terintegrasi.

Turut hadir pula akademisi gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya, Dr Anita Rahmiwati. 

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Tekan Emisi Kendaraan Perusahaan Wujudkan Langit Biru

BACA JUGA:Ade Rai Bagikan Tips Hidup Sehat dan Bugar, Dorong Pekerja Kilang Pertamina Plaju Hidup Sehat

Ia mengatakan, ikan patin merupakan sumber protein hewani yang esensial bagi pertumbuhan anak, terutama dalam mendukung tinggi badan.

“Patin merupakan salah satu makanan yang mengandung protein hewani. Protein hewani sangat penting untuk pertumbuhan anak, terutama pada tinggi badan, karena mengandung zat gizi yang tinggi,” jelasnya. 

Sehingga ikan patin merupakan salah satu sumber pangan yang dapat mengurangi permasalahan pada kembang tumbuh anak. Selain patin, ikan lainnya seperti gurame dan lele juga kaya akan protein.

Lebih lanjut, Dr Anita juga menekankan manfaat pakcoy, karena sayur ini memiliki khasiat penting.

Kategori :