BACA JUGA:BRI Fokuskan Langkah Transformasi di Seluruh Aspek Operasional dan Bisnis
BACA JUGA:NEXT Sumatera by Indibiz, Kesempatan Emas Bagi UMKA Sumatera Pelajari AI untuk Bisnis
Menyatukan data dan riwayat interaksi pelanggan
Mengumpulkan dan menyatukan data pelanggan ke dalam satu sistem data terpusat merupakan kekuatan utama CRM.
Data seperti histori pembelian, preferensi komunikasi, hingga catatan interaksi sebelumnya yang terkumpul dapat diakses oleh berbagai departemen, konteks percakapan pun menjadi lebih mudah dipahami.
Dengan akses informasi yang lengkap tersebut, bisnis dapat memberikan respon cepat dan tetap relevan.
BACA JUGA:RUPST 2024 PTBA, Mendukung Kelanjutan Bisnis dengan Good Mining Practices
BACA JUGA:Punya Spek Dewa! Tapi Sangat Cocok Buat Kamu yang Butuh Spesialis Bisnis
Tidak perlu lagi mencari data secara manual dari berbagai sumber yang terpisah, karena CRM menyajikannya secara real-time dan terstruktur.
Selain itu, bisnis juga dapat membentuk segmentasi dari data tersebut.
Hal ini memudahkan bisnis untuk mengirimkan pesan broadcast yang terpersonalisasi dan tepat sasaran, karena pesan dirancang berdasarkan data dan konteks yang sudah ada.
Peran implementasi CRM dalam otomatisasi komunikasi
BACA JUGA:Indeks Bisnis UMKM BRI: Kinerja Terus Tumbuh dan Tetap Optimis
BACA JUGA:Tutup Tahun 2024 dengan Positif, Krom Bank Terapkan Strategi Bisnis Solid dan Prudent
Penyedia platform CRM modern sudah banyak yang menawarkan otomatisasi, mereka berusaha menyediakan integrasi untuk menjaga kesinambungan komunikasi bisnis.
Dengan alur kerja yang dapat disesuaikan, komunikasi dengan pelanggan akan dapat tetap berjalan sekalipun bisnis sedang libur.
Penerapan otomatisasi komunikasi ini dapat memastikan bahwa tim tidak melewatkan setiap momen dalam customer journey.
Ketika volume komunikasi sedang tinggi, tim juga tidak perlu merasa panik, karena otomatisasi akan memastikan pelanggan tetap mendapatkan perhatian.