Peran Implementasi CRM dalam Mengoptimalkan Komunikasi Pelanggan

Minggu 03-08-2025,13:15 WIB
Reporter : Sulis Utomo
Editor : Sulis Utomo

BACA JUGA:Telkom Solution Hadirkan Inovasi Digital untuk Mendukung Transformasi Bisnis B2B di Indonesia

BACA JUGA:Terapkan Prinsip ESG, BRI Bangun Bisnis Berkelanjutan yang Ramah Lingkungan dan Berdampak Sosial

Implementasi CRM menyediakan beberapa jenis otomatisasi komunikasi, meliputi:

* Mengirimkan pesan follow-up otomatis setelah pelanggan melakukan pembelian

* Menjadwalkan reminder kepada anggota tim untuk menghubungi kembali pelanggan yang belum merespon

* Memberikan notifikasi kepada anggota tim setiap kali ada perubahan status pelanggan 

BACA JUGA:Cari Laptop Bisnis yang Kencang? Dell Latitude 5400 Core i7 Bisa Jadi Solusi Kamu

BACA JUGA:4 Menu Camilan Kekinian yang Pas untuk Buka Puasa dan Bisnis Kuliner, Berikut Resepnya!

* Memberikan respon instan melalui integrasi aplikasi, seperti Whatsapp, Instagram, atau live chat 

Bagaimana Fitur CRM Mendukung Komunikasi Menjadi Lebih Baik

Sistem yang diciptakan dari implementasi CRM, dapat menyediakan berbagai fitur yang langsung mendukung efektivitas komunikasi. 

Fitur-fitur tersebut dirancang untuk membantu bisnis menyampaikan pesan dengan cara yang cerdas dan tepat sasaran. 

BACA JUGA:Indibiz Sumatera Gelar Webinar JOIN Insight, Dewa Eka Prayoga Ungkap Teknik Pemasaran untuk Pelaku Bisnis

BACA JUGA:BSI Region 3 Palembang Raih Kinerja Cemerlang, Bisnis Ritel Jadi Andalan

Dengan memanfaatkan fiturnya secara optimal, bisnis dapat menciptakan pengalaman komunikasi yang profesional dan responsif di setiap tahap customer journey.

Mengelola kontak secara cerdas untuk pesan yang relevan

Implementasi CRM memungkinkan bisnis untuk menyusun dan mengelompokkan daftar kontak berdasarkan parameter tertentu.

Bisnis dapat membagi kontak ke dalam beberapa segmentasi berdasarkan minat, riwayat interaksi, lokasi, hingga tahapan dalam siklus pembelian.

Kategori :