Layanan PELUK JAUH Bawa Disdukcapil Muba Raih Top 3 Inovator Pelayanan Publik

Jumat 12-12-2025,06:45 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

Sementara itu, Plt Kadisdukcapil Muba, Agus Kurniawan Saputra SIP MSi menjelaskan, inovasi ini merupakan wujud layanan inklusif dan proaktif dengan konsep jemput bola, yang dirancang khusus untuk memastikan bahwa penduduk berkebutuhan khusus (Penyandang Disabilitas dan lansia yang sakit) dapat memperoleh hak Administrasi Kependudukan (Adminduk) mereka.

BACA JUGA:Polsek Sanga Desa Raih Juara 1 Kategori Harkamtibmas, Kapolsek: Terima Kasih Dukungan Anggota dan Masyarakat

BACA JUGA:DPPKB Muba Siap Jangkau Desa se-Muba untuk Pelayanan KB

​Melalui "PELUK JAUH", petugas secara langsung mendatangi rumah penduduk, sehingga proses pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP-el, Kartu Keluarga, dan Akta, dapat dilakukan secara mudah, cepat, tanpa biaya, dan setara bagi semua warga negara.

"Pelayanan ini sudah berjalan 3 tahun lebih yang jemput bola ke rumah masyarakat berkebutuhan khusus di Muba guna membuat dokumen seperti KTP, KK, dan akte kelahiran yang langsung jadi di tempat," ucapnya. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba dan Wabup yang terus memotivasi Disdukcapil Muba untuk melayani kebutuhan masyarakat di Muba.

"Semoga Disdukcapil Muba dapat terus berinovasi dengan maksimal," pungkasnya.

Kategori :