Sementara itu, Plt Kadisdukcapil Muba, Agus Kurniawan Saputra SIP MSi menjelaskan, inovasi ini merupakan wujud layanan inklusif dan proaktif dengan konsep jemput bola, yang dirancang khusus untuk memastikan bahwa penduduk berkebutuhan khusus (Penyandang Disabilitas dan lansia yang sakit) dapat memperoleh hak Administrasi Kependudukan (Adminduk) mereka.
BACA JUGA:DPPKB Muba Siap Jangkau Desa se-Muba untuk Pelayanan KB
Melalui "PELUK JAUH", petugas secara langsung mendatangi rumah penduduk, sehingga proses pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP-el, Kartu Keluarga, dan Akta, dapat dilakukan secara mudah, cepat, tanpa biaya, dan setara bagi semua warga negara.
"Pelayanan ini sudah berjalan 3 tahun lebih yang jemput bola ke rumah masyarakat berkebutuhan khusus di Muba guna membuat dokumen seperti KTP, KK, dan akte kelahiran yang langsung jadi di tempat," ucapnya.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba dan Wabup yang terus memotivasi Disdukcapil Muba untuk melayani kebutuhan masyarakat di Muba.
"Semoga Disdukcapil Muba dapat terus berinovasi dengan maksimal," pungkasnya.