Korlantas Polri Evaluasi Sistem Contraflow Arus Balik Lebaran 2024, Singgung Batas Kecepatan hingga Safety Car
Korlantas Polri Evaluasi Sistem Contraflow Arus Balik Lebaran 2024, Singgung Batas Kecepatan hingga Safety Car-Alhadi Farid-Palpres.com
Lalu ada juga tambahan batas lajur, karena kenyataan di lapangan pada saat kejadian terlalu renggang, akibatnya rentan memicu terjadinya kecelakaan.
“Seperti kejadian kecelakaan Grandmax kemarin, ternyata pengemudi sudah 3-4 kali membawa penumpang dari Bogor lalu Jakarta dengan tujuan ke Ciamis,” jelasnya.
BACA JUGA:PPIH Ingatkan Jemaah Haji Selalu Bawa Identitas Diri saat di Luar Hotel
Akibatnya, pengemudi merasa kelelahan atau micro sleep yang mengakibatkan kecelakaan.
Saran lainnya yakni, keberadaan lampu penerangan yang ada di pembatas serta rambu-rambu sebelum masuk lajur contraflow.
Selain itu juga, penting untuk menyiapkan kendaraan jika terjadi kondisi emergency di setiap titik yang diterapkan contraflow.
Menurut Irjen Aan, sistem contraflow masih perlu diterapkan sebagai langkah rekayasa lalu lintas.
BACA JUGA:Tenang! Irak Janji Bantu Timnas Indonesia Lolos Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Caranya...
BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT Cair Lewat ATM KKS Duluan, Untuk KPM Dengan Kriteria Berikut!
Contohnya penerapan contraflow yang masih berjalan di dalam kota.
“Ini terbukti di tol kota setiap pagi dari jam 6-9, kita berlakukan contraflow dari arah timur. Dan Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kejadian kecelakaan,” jelasnya.
Diketahui dari data jika 86,5 persen pemudik memberikan penilaian jika kinerja Polantas sangat membantu selama arus mudik.
Hal ini berdasarkan hasil Lembaga Indikator Politik Indonesia yang merilis hasil survei terkait kinerja Polantas selama penyelenggaraan mudik lebaran 2024.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
