Honda

Pilkades Serentak di Empat Lawang, Tiga Kecamatan Masuk Rawan Konflik

  Pilkades Serentak di Empat Lawang, Tiga Kecamatan Masuk Rawan Konflik

 

PALPRES.COM – Polres Empat Lawang mengantisipasi kerawanan dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Kabupaten Empat Lawang pada Selasa (28/6/2022) mendatang. Dimana dari 103 desa di 10 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades, tiga kecamatan di antaranya tergolong rawan konflik.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Patria Yuda Rahardian melalui Kabag OPS Polres Empat Lawang, Kompol Wira Satria Yuda mengatakan, tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Empat Lawang yang sangat rentan akan konflik tersebut diantaranya, Kecamatan Muara Pinang, Ulu Musi dan Lintang Kanan.

“Dalam mengantisipasi terjadinya konflik dalam Pilkades nanti, Polres Empat Lawang menyiagakan mobil water canon di wilayah-wilayah yang dianngap rawan konflik yakin di Kecamatan Muara Pinang, Ulu Musi dan Lintang Kanan,”katanya.

Bahkan, sebelumnya pihaknya  sudah memetakan tingkat kerawanan tempat pemungutan suara (TPS) di 103 desa yang menggelar pilkades serentak.

“Karena itulah, Polres Empat Lawang menyiagakan sebanyak 500 personel serta dibantu TNI dari Kodim 0405 Lahat dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak,”bebernya.

Dari 500 personel yang akan dikerahkan Pilkades serentak, lanjut Kompol Wira terdiri dari  Pabung 8 personil, Pamatwil 10 Personil, Brimob 100 personil, Ton BKO Lahat 30 personil, Ton BKO Pagar Alam 30 personil, Ton BKO Musi Rawas 30 personil serta PAM Pungra 207 personil, juga ditambah personil dari Polsek.

Ia menyambung pada pengamanan tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk TPS yang rawan setiap 1 personil Polri akan memantau 2 TPS, sedangkan untuk TPS sangat rawan setiap 1 personil Polri akan memantau 1 TPS.

“Pola pengamanan yang kita siapkan berbeda untuk TPS aman dan rawan. Tapi seluruh personel tetap kita minta untuk menjaga kondusifitas wilayah pengamannya masing-masing secara maksimal,”ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochman Basuki  mengatakan seluruh potensi kerawanan yang paling mengetahui dari kepolisian. Namun pihaknya juga sudah memetakan potensi kerawanan mengacu munculnya protes dari calon dan tim suksesnya selama tahapan pilkades berlangsung.

Ia  mempercayakan pengamanan di seluruh desa yang menggelar pilkades serentak kepada aparat kepolisian dengan dibantu TNI dan aparat terkait. “Seluruh persiapan sudah kami lakukan agar pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman,” ucapnya. TON

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: