Honda

Tingkatkan Kualitas Desa, PLN Salurkan Bantuan TJSL dan Edukasi K3

Tingkatkan Kualitas Desa, PLN Salurkan Bantuan TJSL dan Edukasi K3

OKI, PALPRES.COM - PT PLN (Persero) memberikan bantuan berupa penyediaan alat - alat listrik beserta fasilitas lainnya untuk mendukung pengembangan BUMDES Makmur Jaya, di Toserba BUMDES Makmur Jaya Desa Pematang Jaya Kecamatan Mesuji Makmur, Ogan Komering Ilir OKI, kemarin.

Bantuan dari pelaksanaan penyaluran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP Sumbagsel), bertujuan agar usaha dapat lebih berkembang dan maju, baik dari sisi operasional serta dari sisi pendapatan (omzet).

Penyerahan TJSL ini dihadiri langsung oleh Manager UPP Sumbagsel 3, Haryo Wisnuaji beserta jajaran, Assistant Manager Komunikasi & TJSL UIP Sumbagsel, Dimas Kriesta Wijaya, Kepala Desa Pematang Jaya, Didik Sumantri serta Direktur BUMDES Makmur Jaya, Wismar Silalahi.

"Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih karena salah satu jalur kami SUTT 150 kV Gumawang - Mesuji telah beroperasi tentunya atas dukungan kepada pemerintah dan masyarakat Desa Pematang Jaya pada proses pembebasan lahan dan ROW, ke depan untuk perkuatan kelistrikan kami tetap mohon dukungan karena masih ada pembangunan jalur SUTET 275 kV Gumawang - Lampung untuk keandalan listrik di Lampung maupun Sumbagsel," ujar Haryo Wisnuaji.

BACA JUGA:Ini Kata PLN Soal Listrik Byar-pet di Ogan Ilir

Kemudian, menyerahkan TJSL sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN ke masyarakat. Sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi usaha BUMDES ini.

Sementara itu, Didik atas nama pemerintah, masyarakat Desa dan pekerja di Toserba BUMDES menyampaikan banyak terima kasih. Mudah-mudahan apa yang telah diberikan dari PLN dapat bermanfaat terutama untuk Toserba dan umumnya untuk masyarakat Desa Pematang Jaya.

"Kami dari BUMDES mengucapkan terima kasih atas perhatiannya, semoga PLN makin sukses," tambah Wismar Silalahi.

Pemberian bantuan TJSL ini merupakan bentuk komitmen dari PLN dalam mendukung para pelaku usaha. Khususnya UMKM agar dapat lebih maju, bersaing dan berkembang. Sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian. Serta memberikan peluang membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

BACA JUGA:PLN UIP Sumbagsel Bantu Fasilitas MCK dan Air Bersih

Tidak hanya penyerahan TJSL, pada kesempatan yang sama, melalui biro K3L UPP Sumbagsel 3 yang pada kesempatan ini dihadiri oleh Ridho Ilham Fauzi, selaku Pejabat K3L UPP Sumbagsel 3. PLN melaksanakan Edukasi K3 kepada masyarakat umum tentang pentingnya mengenali bahaya listrik dirumah dan sekitar instalasi ketenagalistrikan.

"Selain TJSL ini, PLN juga memiliki tanggungjawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umum mengenai pentingnya mengenali dan peduli terhadap bahaya listrik," ujar Ridho. Selain memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari - hari, listrik juga bisa berbahaya jika tidak bijak dalam menyikapi listrik. Apalagi jika berada di lingkungan ketenagalistrikan. namun perlu diketahui apa saja penyebab dan bahaya listrik yang perlu dihindari.

Ridho menjelaskan, pentingnya untuk menghindari bermain layang-layang didekat tiang listrik/tower listrik. Hindari membangun dan memperbaiki bangunan dekat jaringan listrik (Jarak aman + 3 meter). Hindari penggunaan stop kontak listrik yang tidak sesuai standar / melebihi beban. Hindari kawasan gardu induk / daerah yang bertanda bahaya peringatan bahaya tegangan listrik. Hindari menggali tanah pada area yg terdapat jalur kabel bawah tanah.

Hindari memarkirkan kendaraan besar/ trailer terlalu dekat dengan jaringan listrik. "Periksa instalasi rumah anda minimal 5 tahun sekali untuk menjamin dan memastikan keamanan instalasi dirumah. Jauhkan pemasangan antena TV/ parabola / papan reklame / dari jaringan listrik. Serta hindari membakar sampah dibawah kabel jaringan listrik," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: