Honda

Tim Pertanian Verifikasi Kebutuhan Alat Para Petani

Tim Pertanian Verifikasi Kebutuhan Alat Para Petani

MURATARA, PALPRES.COM- Tim Dinas Pertanian dan Perikanan kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengunjungi kelompok pengolahan ikan Tanjung Mandiri Desa Kuto Tanjung Kecamatan Ulu Rawas dalam rangka verifikasi terhadap pengajuan bantuan alat pengolahan ikan di 2022.

"Kami mengidentifikasi kebutuhan alat, sesuai dengan kebutuhan para kelompok tadi, agar petani ini maju,” kata kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Ade Meiri Siswi.

Ia menjelaskan verifikasi bertujuan memastikan kelayakan kelompok dan calon lokasi. Verifikasi meliputi kelayakan administrasi, kelayakan teknis dan non teknis di tinjau dari petunjuk teknis yang di tetapkan.

"Lokasi di Desa Kuto Tanjung Kecamatan Ulu Rawas, ada juga di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit,” jelasnya.

BACA JUGA:Muratara Targetkan Daerah Penghasil Bawang Merah Terbesar di Sumsel

Ia menyampaikan tidak hanya mengidentifikasi kebutuhan alat para kelompok ikan sanja namun juga menginventarisir potensi lahan tidur untuk dapat meningkatkan produksi padi dan mendukung Sumsel mandiri pangan.

Dinas Pertanian dan Perikanan melakukan inventarisir potensi lahan pangan berkelanjutan di Desa Jadi Mulya, Kecamatan Nibung.

Inventarisir potensi lahan pangan berkelanjutan sangat penting guna meningkatkan produktivitas hasil tanaman pangan yang ada di Kabupaten Muratara dan mandiri pangan.

"Iya, kita menelusuri lahan yang pernah dikelola oleh masyarakat, hingga saat ini lahan tersebut tidak digarap, kita menginginkan lahan yang pernah digarap tersebut, ditanam padi kembali,” ujarnya.

Tim juga mengunjungi di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Pauh Kecamatan Rawas Ilir, hal itu sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas hasil tanaman pangan. SIS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: