Honda

SMB IV Dukung Kajian Lanjutan Abdul Somad Al-Palimbani dan Muhammad Arsyad Al-Banjari

SMB IV Dukung Kajian Lanjutan Abdul Somad Al-Palimbani dan Muhammad Arsyad Al-Banjari

BACA JUGA:Pertama Kalinya Pemkab Lahat Undang SMB IV, Hadiri Peringatan HUT ke 153

Sementara itu, Ketua Prodi S3 Peradaban Islam, Pascasarjana UIN Raden Fatah, Dr Muhammad Noupal, M.Ag mengatakan, latarabelakang seminar ini karena adanya kesamaan budaya tanah Kelayu yang didukung keinginan untuk mengajarkan dan menyebarkan faham Ahlu Sunnah, termasuk di dalamnya penguatan tasawuf dan tarekat.

"Oleh karena itu, ciri penting relasi mereka, terletak dalam kesamaan silsilah tarekat yang bertemu, misalnya kepada Syekh Samman," katanya.

Lebih jauh kata Dr. Noupal, kajian ulama Nusantara ini sebagai upaya Prodi Peradaban Islam, untuk menyambung kembali tali sejarah Islam Indonesia pada abad ke-19.

"Prodi S3 Peradaban Islam UIN RF memang saat ini sedang mengembangkan riset utk memunculkan kembali Sejarah Ulama Lokal Nusantara, yang ditujukan untuk menyambung kembali tali sejarah Islam Indonesia abad 19 yang sangat kaya," katanya.

BACA JUGA:SMB IV Harapkan Nilai Kesakralan Bukit Seguntang Dikembalikan

Selain SMB IV, Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. Mujiburrahman, MA, turut hadir dalam acara itu Wakil Rektor 1 UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Muhammad Adil, MA, Direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Prof. Dr. H Duski Ibrahim, M.Ag penggagas Lembaga Kajian Naskah Melayu (LKNM) UIN Raden Fatah Palembang, Kaprodi S3 Peradaban Islam Dr Muhammad Noupal, M.Ag. DUD

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com