Honda

Tebar 29.000 Bibit Ikan Lele di 15 Keramba

Tebar 29.000 Bibit Ikan Lele di 15 Keramba

LAHAT, PALPRES.COM- Pemerintah Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, melakukan penyebaran 29.000 bibit ikan lele ke dalam 15 keramba yang telah disiapkan untuk menunjang sekaligus menyukseskan ketahanan pangan.

“Nantinya yang mengelola ikan-ikan tersebut pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cahaya Saling dan nanti kita memasang jaring dan menebar bibit ikan," kata Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana, Jumat (8/7/2022).

Yeni Fitriana mengemukakan, apabila ikan lele nantinya panen dan dijual kepada konsumen, maka dana yang terkumpul akan diperuntukkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Sebab, ketahanan pangan ini setidaknya 20 persen diambil dari dana desa yang kita lakukan pengadaan bibit ikan lele sebanyak 29.000 yang dibagi di 15 keramba,” tegasnya.

BACA JUGA:“Banjir” Usulan RTLH, Perkim Lahat Lobi Pemprov Sumsel

Sementara itu, Camat Pseksu, Ega Warti mengapresiasi upaya dari Pemdes Lubuk Mabar dengan memanfaatkan lahan yang luas dengan menebarkan bibit ikan lele yang nantinya bisa diperuntukkan bagi penduduk desa.

"Ini sangat tepat sekali, terlebih lagi yang mengelolanya BUMDes, ini merupakan terobosan begitu kreatif untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dirinya berharap, tidak hanya Desa Lubuk Mabar saja, akan tetapi, desa lainnya bisa mengikuti langkah ini semata-mata demi kesejahteraan rakyat, dengan melakukan program yang ada.

"Kepada kades lain mungkin bisa mengikuti jejak dari Pemdes Lubuk Mabar dan ini sangat menarik karena saat panen bisa dikonsumsi sama-sama,” jelasnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: