Honda

Demi Wujudkan Kamtibmas, Polda Sumsel Usung Berbagai Inovasi Berbasis Digital

Demi Wujudkan Kamtibmas, Polda Sumsel Usung Berbagai Inovasi Berbasis Digital

PALEMBANG, PALPRES.COM - Demi mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang lebih baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel menghadirkan berbagai inovasi.

Beberapa inovasi tersebut, yakni penertiban truk over dimension over loading (Odol), e-Patroli Gabungan, e-Pemetaan dan website rekam medik tahanan.

"Beberapa inovasi kita ini diharapkan dapat menghujudkan kamtibmas yang baik, hingga membantu pertumbuhan ekonomi di wilayah kita," ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, Sabtu (9/7/2022).

BACA JUGA:Lewat Virtual, Kapolda Sumsel Hadiri Launching Rumah Kebangsaan

Dirinya menjelaskan, aplikasi Odol akan menyikapi permasalahan itu. Penindakan pelanggaran Odol harus dilakukan dari hulu sampai hilir. "Selain itu, kita juga ada aplikasi patroli gabungan, yang akan menjawab situasi terjaganya Kamtibmas," katanya.

Kemudian, aplikasi rekam medik tahanan bisa memantau jika ada tahanan yang mengidap penyakit menular, dapat teridentifikasi dengan cepat. Sehingga, ada pemisahan dan konsentrasi fokus penanganan. Terkait peristiwa yang tak terduga di dalam tahanan dapat terindentitfikasi. 

"Selain itu juga, kita ada aplikasi e-Pemetaan. Ini kegunaannya untuk penanganan isu-isu konflik agraria di wilayah kita, dan memudahkan kita dalam memantau mengontrol, membina, mengawasi dan menjaga kawasan kehutanan," bebernya.

Pihaknya berharap layanan tersebut dapat membawa kebaikan secara keseluruhan, serta terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat yang lebih kondusif sehingga Sumsel menjadi daerah yang zero konflik. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: