Honda

Pemkot Lubuklinggau Anggarkan Dana ETLE Rp 4 Miliar

Pemkot Lubuklinggau Anggarkan Dana ETLE Rp 4 Miliar

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM-Sosialisasi kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) terus dilakukan kepada masyarakat khususnya pengendara di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan. 

Di Lubuklinggau ETLE rencananya dipasang di lima titik meliputi dua titik di Simpang RCA, satu titik di Simpang Watas, satu di Simpang Petanang dan satu lagi dipasang di Simpang Periuk. 

"Yang akan kita pasang di Linggau lima titik. Nah itu kita akan hibahkan nanti diperubahan dananya ke Polres untuk pengadaan daripada ETLE tersebut," kata Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Senin (11/7/2022).

Dijelaskannya, sekarang ETLE masih tahap sosialisasi. Dan merupakan program Kapolri untuk mengurangi pungli di Indonesia khususnya di Lubuklinggau. 

Disamping itu, adanya ETLE diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Sebab dengan ETLE, semua lalu lintas dan semua kendaraan akan terlacak sendiri. "Hasil daripada ini kan dikirim ke rumah," ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau menganggarkan kurang lebih Rp 4 miliar untuk ETLE tersebut. Dan akan dihibahkan setelah perubahan anggaran antara bulan Agustus atau paling lambat September. "Insya Allah yang akan kita dapati dari PAD dalam kendaraan bermotor akan lebih besar lagi. Diperkirakan bisa ratusan miliar," bebernya.

Sementara itu Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi menjelaskan saat ini ETLE baru satu yang dipasang di Simpang Periuk. Itu untuk mengukur jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Lubuklinggau."Nah nanti pemasangan resmi nunggu lelang dari anggaran Pemkot. Rencana dipasang di lima titik," terangnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, tidak perli takut dengan adanya kamera ETLE. Terpenting adala berlalu lintas dengan baik dan benar. Pengendara motor tidak boleh bonceng tiga dan harus pakai helm. "Makanya di jalan raya harus patuhi rambu-rambu lalu lintas," kata Kapolres.

Kemudian masyarakat yang melakukan pelanggaran akan dikirim pelanggaran beserta foto. "Jadi ini juga kita tidak mengada-ada. Dan mengurangi juga pungli anggota adanya kamera ETLE," pungkasnya.JEJE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: