Honda

Satgas PMK Terus Lakukan Penanggulangan

 Satgas PMK Terus Lakukan Penanggulangan

PALI, PALPRES.COM - Satuan Tugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), terus melakukan penanggualangan

Salah satu upayanya dengan memberikan vaksin PMK yang telah diterima Dinas Pertanian Kabupaten PALI dari Kementerian Peternakan, beberapa waktu lalu.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni mengatakan, saat ini pihaknya melalui bidang peternakan telah memberikan vaksin 400 dosis terhadap 400 sapi yang tersebar di empat kecamatan

Untuk satu kecamatan belum diberikan karena ditemukan sapi yang terinfeksi PMK, walau saat ini telah sembuh dan masih tahap pemulihan. 

BACA JUGA: Cegah PMK, Dispertanikan dan Polres Muratara Semprot Disinfektan

"Jumlah sapi yang divaksin sesuai dosis yang diterima  yakni baru 400 dosis, tahap awal ini telah rampung diberikan, " katanya, Kamis (14/07).

Selanjutnya pihaknya masih menunggu dosis kedua ,yang akan diberikan kepada sapi yang menerima dosis pertama.

Dia mengakui jika PALI masih kekurangan dosis vaksin, karena jumlah populasi sapi yang ada, untuk kekurangan itu pihaknya telah mengajukan ke Kementerian. 

"Masih kurang sekitar 2.000 an lagi, karena populasi sapi di PALI ada 2.000 lebih, saat ini kita masih menunggu konfirmasi dari Kementerian kapan bisa dikirim," terangnya. 

BACA JUGA: Polsek Jayaloka Dampingi Pemeriksaan Wabah PMK

Untuk kasus PMK di PALI, hingga pertengahan Juli ini, ia menjelaskan, masih nihil, meskipun sempat ada belasan sapi yang terpapar di Kecamatan Penukal Utara. 

 "Apabila ada gejala, maka petugas akan siap mengecek ke lokasi, tetapi mudah-mudahan dengan pemantauan kita secara berkala, virus PMK di kali bisa dihindari,” tukasnya seraya menambahkan, pihaknya berharap  dosis vaksin dosis kedua serta jumlah vaksin yang diusulkan bisa cepat dikirimkan Kementerian. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com