Honda

SKK Migas Kembali Gelar Forum Kapasitas Nasional Kedua di Akhir Juli 2022

SKK Migas Kembali Gelar Forum Kapasitas Nasional Kedua di Akhir Juli 2022

Contoh lainnya adalah PT ALP Petro Industry yang memproduksi pelumas ‘Eni’. Perusahaan ini merupakan unit alih teknologi Eni Petroli S.P.A. dari Italia, yang sekarang 100 persen Perusahaan Milik Dalam Negeri (PMDN). Pekerjanya 100 persen lokal. 

“Peralihan status dari joint venture menjadi PMDN punya arti besar terhadap pengembangan kapasitas nasional. Ada kepercayaan dari produsen pelumas global terhadap perusahaan lokal,” kata Erwin.

Dalam upaya menciptakan dampak berganda industri hulu migas di wilayah Pamalu tepatnya di Papua Barat, SKK Migas dan KKKS mendorong pengembangan pariwisata yang melibatkan warga lokal.  

Program pemberdayaan masyarakat di Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, bisa dijadikan contoh bagaimana kapasitas nasional di bangun dari level paling bawah. 

Jika program ini terus berjalan, maka ini menjadi bentuk nyata dampak berganda industri hulu migas terhadap sektor lainnya.

SKK Migas juga mencatat bahwa industri hulu migas banyak memberi manfaat terhadap perkembangan UMKM. Salah satunya UMKM Batik Serumpun Berlian di Jambi. UMKM binaan Pertamina ini berhasil menggerakkan perekonomian warga melalui kerajinan batik. 

Aktivitas sanggar Batik Serumpun Berlian di Kelurahan Legok, Kota Jambi ini bahkan mengubah wajah kawasan yang dulu dikenal rawan. Wilayah Legok semakin terbuka dan terbiasa kedatangan masyarakat luar. 

Ada lagi UMKM Wasteco yang sukses menggerakkan perekonomian warga sekitar TPA Manggar, Balikpapan, lewat pemanfaatan energi gas methane hasil olahan sampah. 

Gas methane disalurkan ke lebih dari 215 sambungan rumah tangga, dan dimanfaatkan kelompok ibu-ibu sebagai bahan bakar untuk memasak dan membuat makanan olahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com