Honda

Siap siap, Kinerja OPD Setiap bulan Akan Dipantau Walikota Palembang

Siap siap, Kinerja OPD Setiap bulan Akan Dipantau Walikota Palembang

"Dalam capaian nilai Akuntabilitas Kinerja (AKIP) Kota Palembang belum lah menggembirakan. Selama delapan tahun terakhir sampai dengan tahun 2021, nilai AKIP Kota Palembang bernilai “B”, padahal target capaian AKIP Kota Palembang seharusnya adalah “BB” pada tahun 2021 dan pada tahun 2022, target nilai AKIP Kota Palembang adalah “A”.

Pemerintah Kota Palembang mencatat berdasarkan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SAKIP tahun 2020 dan 2021 terdapat 7 pointer utama permasalahan SAKIP yang membutuhkan tindak lanjut, yaitu:

1.           Rekomendasi perbaikan hasil evaluasi tahun 2020 masih belum ditindaklanjuti dengan baik terutama pada perbaikan kualitas sasaran dan indikator Perangkat Daerah (PD).

2.           Masih terdapat sasaran strategis dan indikator kinerja yang belum berorientasi hasil dan kurang relevan pada level jabatan terutama pada level PD.

3.           Masih ditemukan adanya ketidakselarasan antara dokumen perencanaan, RJPMD, Renstra dan PK.

4.           Penjenjangan (cascade) kinerja belum berjalan secara menyeluruh sampai pada level organisasai terendah.

5.           Belum terlihat mekanisme crosscutting antar PD.

6.           Evaluasi internal yang telah dilakukan terhadap implementasi SAKIP pada PD masih belum memberikan hasil yang maksimal untuk mendorong perbaikan akuntabilitas kinerja masing-masing PD.

7.           Laporan kinerja belum menyajikan secara lengkap analisis yang komprehensif terkait dengan pencapaian kinerja dan analisis efisiensi penggunaan anggaran terhadap capaian kinerja,"paparnya.

 

Selain itu juga ia menjelaskan bahwa, Penilaian SAKIP untuk Kota Palembang tahun ini merupakan penilaian tahun terakhir menjelang masa pemerintahan kami bersama Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023.

 

Untuk itu, pertemuan hari ini begitu penting karena akan menapakkan pencapaian nilai AKIP tahun 2022 sebagaimana tergambar di dalam target RPJMD Kota Palembang yang sekaligus menjadi gambaran capaian akhir dari Nilai AKIP yang menjadi Indikator Kinerja Utama Pemerintah Kota Palembang menuju Palembang Emas Darussalam 2023 yang menjadi visi besar Kota Palembang.

 

Ditempat yang sama Aguskim mutakim, mewakili kemenpanRB : menambahkan, nilai sakip kota Palembang merupakan tanggungjawab kita semua bukan satu OPD saja. Sehingga semua OPD bisa mensuport untuk capaian sakip yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: