Honda

Taman Budaya Sumsel Bakal Gelar Reog Ponorogo dan Kuda Lumping

Taman Budaya Sumsel Bakal Gelar Reog Ponorogo dan Kuda Lumping

BANYUASIN, PALPRES.COM - Dalam rangka melestarikan seni dan budaya, UPTD Taman Budaya dalam waktu dekat akan menggelar pagelaran dan pertunjukan aksi Reog Ponorogo dan Kuda Lumping.

Hal ini diketahui saat Kepala UPTD Taman Budaya H Chandra Ampraydi SH beserta rombongan melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Banyuasin yang tak lain Penasehat Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) Sumatera Selatan (Sumsel) Slamet Sumosuntono, Jumat kemarin.

“Alhamdulilah kemarin audiensi dengan pak Slamet dan mendapatkan respon yang baik. InsyaAllah Oktober nanti, kita akan mengadakan pagelaran seni Reog Ponorogo dan Kuda Lumping di Taman Budaya,” ungkap Chandra kepada palpres.com, Ahad (24/07/2022).

Diakuinya, dalam pagelaran tersebut nantinya setiap 17 Kabupaten dan Kota akan ikut berpartisipasi dalam memeriahkan pagelaran tersebut.

BACA JUGA:Kuda Lumping

“Kita juga berencana akan mengundang Gubernur Sumsel dan Pangdam II/Swj dan tamu lainnya untuk menyaksikan dan menyukseskan pagelaran perdana ini,” ucapnya.

Dikatakannya, reog adalah sebuah seni pertunjukan yang memiliki nilai seni sekaligus nilai-nilai luhur. Dia mengaku, pihaknya akan memberikan reward kepada kelompok yang memberikan penampilan terbaik.

BACA JUGA:Wakimin: Melestarikan dan Mengembangkan Kearifan Lokal Budaya Daerah

“Ini kita lakukan untuk menyemangati mereka, dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya yang ada di Sumsel, khususnya Reog Ponorogo dan Kuda Lumping,” jelasnya.

Tentunya melalui kegiatan ini, Taman budaya akan semakin ramai dan diminati oleh masyarakat di Sumsel. Karena pagelaran nanti, akan di gelar dengan sangat meriah dan akan ditonton oleh warga Sumsel.

BACA JUGA: Dewan Pemajuan Kebudayaan Daerah Sumsel Segera Terbentuk

“Jangan ada kesan, Taman Budaya hanya orang tertentu saja. Namun, siapa saja dapat berkreasi di Taman Budaya, termasuk para seniman-seniman,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: