Honda

Ini Dia Pemenang Pagelaran Seni Budaya Reog Ponorogo dan Kuda Lumping Sumatera Selatan

Ini Dia Pemenang Pagelaran Seni Budaya Reog Ponorogo dan Kuda Lumping Sumatera Selatan

Penampilan Paguyuban Reog Singomudo Bantarangin dari Kabupaten Muara Enim dalam Pagelaran Seni Budaya Sumatera Selatan-Foto: Alhadi Farid-Palpres.com

PALEMBANG PALPRES.COM - Festival Reog Ponorogo dan Kuda Lumping pertama bahkan terbesar di Sumatera Selatan tersebut sukses digelar.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari 10-11 Desember 2022 tersebut menampilkan 22 grup reog dan kuda lumping dari 11 Kabupaten/Kota di Sumsel. 

Alhasil, Paguyuban Reog Singomudo Bantarangin dari Kabupaten Muara Enim yang tampil pertama pada hari pembukaan itu, berhasil membius para penonton bahkan dewan pengamat dan berhak meraih juara pertama sebagai penampilan terbaik Reog Ponorogo dengan nilai 950.

Selanjutnya disusul Paguyuban Reog Singoludoyo Kabupaten Banyuasin dengan jumlah nilai 925. Dan juara ketiga di raih oleh Paguyuban Reog Singo Bejo Gumelar, Kabupaten Muba dengan nilai 890.

BACA JUGA:Festival Reog Ponorogo dan Kuda Lumping Perebutkan Piala Gubernur Sumatera Selatan

 

Sebagai terbaik pertama, perwakilan Paguyuban Reog Singomudo Bantarangin Hendri Susilo mengaku, tidak menyangka bisa menjadi juara terbaik pertama.

Sebab, lanjutnya untuk persiapannya sangat minim. Namun berkat kerja keras dan kekompakan dapat membuahkan hasil yang maksimal. 

“Walaupun persiapannya cuma 3 hari dan kebetulan kita tampil pertama, alhamdulilah bisa menampilkan yang terbaik dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Kuncinya hanya kekompakan dan menyesuaikan irama,” ucap Hendri Susilo.

Dia mengatakan, penampilannya Grup Reog Singomudo Bantarangin membawakan cerita antara raja-raja yang mempersunting permaisuri.

BACA JUGA:Pelestarian Reog Ponorogo dan Kuda Lumping di Sumsel

“Inti ceritanya mempersunting permaisuri dan berhasil. Setidaknya ada 40 orang yang ikut andil dalam penampilan ini, baik itu barong, penari jathil, banongan pengrawit dan lainnya. Kita berharap dengan adanya festival ini, dapat menjadi motivasi warga sSumsel untuk meningkatkan nilai-nilai seni di wilayah Sumatera Selatan,” harapnya. 

Sementara, penampilan terbaik Kuda Lumping di raih oleh Sanggar Mukti Kencono Mudho, dari Kabupaten Muba dengan perolehan nilai 989.

Kemudian disusul Grup Suko Laras dari Kabupaten PALI, dengan nilai 975 sebagai terbaik kedua dan Rogo Siswo Budoyo Kota Palembang menjadi terbaik ketiga denga nilai 959.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com