Honda

TERUNGKAP! 3 Kemiripan Palembang dan Ponorogo, Warisan Keluarga Brawijaya Penguasa Majapahit

TERUNGKAP! 3 Kemiripan Palembang dan Ponorogo, Warisan Keluarga Brawijaya Penguasa Majapahit

Sultan Fauwaz saat menjelaskan kemiripan yang menunjukkan bahwa Palembang dan Ponorogo masih satu keluarga yakni Keluarga Brawijaya.-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Warisan keluarga Brawijaya penguasa Kerajaan Majapahit hingga kini masih melekat pada budaya di Palembang dan Ponorogo.

Putra Brawijaya, Raden Patah lahir di Kota Palembang. Sementara adiknya Batoro Katon lahir di Ponorogo dan pendiri kesenian Reog Ponorogo.

Tidak berlebihan jika dua tokoh penting di 2 daerah tersebut menyebut jika Palembang dan Ponorogo masih dalam satu keluarga.

Ke dua tokoh yang dimaksud adalah Wakil Bupati Ponorogo Hj Lisdyarita SH dan Sultan Mahmud Badaruddin IV (SMB IV) Raden Muhammad Fauwaz Diradja, SH, MKn.

BACA JUGA:Perjuangan Reog Ponorogo ke UNESCO, Wabup: Bangun Monumen Hingga Kedatangan Perwakilan 5 Negara

Keduanya berhasil diwawancarai palpres.com saat menghadiri pembukaan Festival Reog Ponorogo dan Kuda Lumping di Taman Budaya Sriwijaya, belum lama ini.

Menurut Hj Lisdyarita, pendiri Reog Ponorogo adalah adiknya Raden Patah, Batoro Katon. Sementara Raden Patah yang merupakan Raja Demak tersebut lahir di Kota Palembang.

"Jadi antara Palembang dan Ponorogo ini masih satu keluarga," kata Wabup Lisdyarita.

Hal itu pun diamini SMB IV Sultan Fauwaz yang menyebut jika Palembang dan Ponorogo masih satu keluarga.

BACA JUGA:Kapan Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 Cair? Penerima Dapat Rp600.000 per KK, Simak Jadwal Pencairan

Sultan Mahmud Badaruddin IV (SMB IV) Raden Muhammad Fauwaz Diradja, SH, MKn menjelaskan, seluruh kesultanan yang ada di Sumatera memiliki keterikatan yang sama dengan kerajaan di Jawa.

Keterikatan itu pun juga terasa di Kota Palembang yang merupakan tanah kelahiran dari seorang raja bernama Raden Patah.

"Dengan keterikatan keluarga itulah, Kota Palembang memiliki kemiripan seperti yang ada di Jawa mulai dari budaya, arsitek, kuliner hingga bahasanya," kata Sultan Fauwaz.

Seperti kemiripan budaya Palembang memiliki wayang dan gamelan yang mirip dengan kesenian jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: