Honda

Empat Ternak di Tempirai Terserang Virus PMK

Empat Ternak di Tempirai Terserang Virus PMK

PALI, PALPRES.COM - Virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak berkaki empat, mulai ditemukan Desa Tempirai, Kecamatan Penukal utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Setidaknya ada empat ekor sapi milik tiga orang warga Desa Tempirai yakni Feri, Usman Gumanti dan Nopirzan, yang terjangkit virus PMK.

 Dimana penyakit ini membuat ternak sapi mengalami luka pada bibir dan kaki, sementara mulutnya mengeluarkan busa seperti manusia mengalami penyakit sariawan.

"Kalau dilihat virus PMK ini mirip manusia terkena sariawan yang luka dibibir dan mulut mengeluarkan buss," ucap salah seorang pemilik sapi, Nofirzan.

BACA JUGA:Penukal Utara Ditetapkan Wilayah Wabah PMK

 Sementara Dokter Hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten PALI, drh Erna didampingi Kaur Kesra Pemdes Tempirai, Penting Harianto membenarkan adanya kejadian itu.

Begitu mengetahui ada ternak yang terinfeksi virus PMK, pihaknya langsung melakukan upaya pembersihan luka dan penyuntikan vaksin anti PMK.

"Kita berharap penyakit ini dapat terobati, dan virus ini tidak menyebar ke ternak lainnya," kata Erna.

BACA JUGA: Satgas PMK Terus Lakukan Penanggulangan

Ia mengimbau kepada pemilik ternak agar mengawasi ternaknya secara berkala, dan menjaga kebersihan lingkungan kandang serta tubuh ternak.

"Tak kalah penting memberikan asupan gizi dan protein yang cukup  di makanan ternak, sehingga dapat meningkatkan kekebalan terhadap virus PMK," terangnya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com