Honda

6 Cara Mengendalikan Emosi Saat Marah, Nomor 2 Bisa Diterapkan

6 Cara Mengendalikan Emosi Saat Marah, Nomor 2 Bisa Diterapkan

PALEMBANG, PALPRES.COM - Setiap orang pasti mempunyai tingkat emosi yang berbeda-beda. Namun setiap orang dituntut untuk mampu mengendalikan emosinya dengan baik.

Melansir dari akun instagramnya @meaningful.me cara unik untuk mengekspresikan emosi saat marah dengan tepat dan baik, salah satunya dengan mengunyah permen karet. Simak beberapa tips dalam mengendalikan emosi saat marah. 

1. Tulis dan buang 

Catat dengan sangat rinci, setiap alasan mengapa anda kesal dan frustrasi. Hal ini dapat meredakan ketegangan yang luar biasa dari tubuh anda. Perhatikan setiap hal kecil yang mengganggu anda dan gambarkan sedetail mungkin. Bebaskan pikiran dari stres dan frustrasi. Selanjutnya anda dapat membuang daftar atau catatan tersebut.

2.Mengunyah permen karet 

Ketika rahang anda lebih aktif, otot-otot di wajah dan di tubuh anda perlahan-lahan melepaskan ketegangan. Jadi punya stock beberapa permen karet di tas tidak ada salahnya, makanlah disaat-saat tertentu, dan rasakan sesuatu yang melegakan di dalam tubuh dan pikiran anda. 

3.Pergi jalan atau olahraga lari 

Berlari sekitar 2-3 km, berjalan sekitar 20 menit, atau melakukan push up - masing-masing kegiatan ini akan membantu otak anda menghasilkan endorfin dikenal sebagai hormon kebahagiaan yang membakar energi yang jika tidak diubah bisa menjadi kebencian dan gangguan. 

4.Berdiri di dekat tanaman hijau 

Berdiri di dekat tanaman selama sekitar 10 menit akan membantu mengisi otak dengan oksigen yang sangat dibutuhkan. Berdiri di dekat tanaman hijau akan membuat pikiran lebih jernih, karena itu lebih mudah menyingkirkan amarah. Selain itu, anda bisa mendapatkan melati atau lavender untuk menghirup aroma mereka guna menghilangkan kecemasan dan bisa membuat tidur nyenyak. 

5.Mengubah situasi 

Contoh-contoh mnegubah situasi adalah: Jika kita emosional ketika sedang berdiri, cobalah duduk. Jika kita emosional ketika sedang didalam ruangan, cobalah jalan ke halaman. 

6.Makan sesuatu yang renyah 

Kebanyakan orang suka mendengarkan suara renyah, karena hal itu bisa melegakan mental dan pikiran. Ini juga bisa membantu meredakan ketegangan di rahang anda. Namun, jangan makan yang berlebihan. DVI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: