Honda

Curah Hujan Tinggi, Pagaralam Waspadai Banjir dan DBD

Curah Hujan Tinggi, Pagaralam Waspadai Banjir dan DBD

Nyamuk Aedes Aegypti-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Curah hujan di Kota PAGARALAM saat ini masih cukup tinggi, karena itu Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan PAGARALAM Selatan, terus mengimbau sekaligus meminta warganya untuk mewaspadai bencana banjir serta penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Lurah Tanjung Agung Wawan Apriansyah mengungkapkan, musim penghujan seperti sekarang ini, sangat rentan yang namanya banjir dadakan serta penyakit DBD yang disebabkan nyamuk aedes aegypti.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat yang ada di wilayah kelurahan ini, untuk meningkatkan kewaspadaan serta melakukan upaya pencegahan.

“Upaya pencegahan tersebut, warga dapat menjaga kondisi lingkungan tetap bersih dan sehat setiap hari. Sebab, pemicu utama terjadinya banjir ketika turun hujan, adalah banyaknya tumpukan sampah di aluran pembuangan, seperti drainase, aliran sungai dan tempat umum lainnya,” jelas Wawan.

BACA JUGA:Belum Miliki KTP, Disdukcapil Pagaralam Segera Datangi Warga

Ia melanjutkan, untuk pencegahan penyakit DBD ini sendiri, masyarakat dapat melakukan 3 M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air tersebut, serta mengubur sampah bekas, supaya tidak ada tempat-tempat yang biasa dijadikan nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak.

“Karena, nyamuk yang dimaksud, sangat senang bersarang di air tergenang dan barang-barang bekas yang ada di sekitar tempat tinggal masyarakat. Oleh sebab itu, tiga hal ini adalah langkah yang sangat penting dan dinilai efektif untuk mencegah penyakit DBD yang dimaksud,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat, untuk memperhatikan secara maksimal kebersihan tempat tinggal, supaya kondisinya benar-benar bersih dan sehat, sesuai dengan apa yang  diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: