Honda

Gebyok Berukir Jawa Klasik Jadi Hadiah Spesial Buat Sultan Brunei Darussalam

Gebyok Berukir Jawa Klasik Jadi Hadiah Spesial Buat Sultan Brunei Darussalam

Duta Besar Indonesia di Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko memperlihatkan Gebyok yang dipersembahkan untuk Sultan Haji Hassanal Bolkiah dalam resepsi ulang tahun ke-75 sultan.-Foto: KBRI BSB/Kemlu RI-

BRUNEI DARUSSALAM, PALPRES.COMDuta Besar Indonesia di BRUNEI DARUSSALAM memberikan hadiah spesial berupa Gebyok kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara BRUNEI DARUSSALAM.

Pintu kayu berukiran tradisional Jawa klasik diberikan kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah sebagai tanda syukur dalam resepsi peringatan ulang tahun ke-76 di Tarindak d'Polo, Bandar Seri Begawan, 27 Juli 2022 kemarin.

Seperti diketahui, resepsi peringatan HUT Sultan bersama para Duta Besar asing merupakan kegiatan rutin tahunan dengan hadiah yang dipersiapkan secara bergiliran dari setiap kawasan.

Untuk kali ini, para Dubes kawasan Asia Tenggara didapuk memilih hadiah untuk Sultan Haji Hassanal Bolkiah, dan setelah berbagai pertimbangan, terpilihlah gebyok usulan dari Dubes RI.

BACA JUGA:Delegasi UIN Rafah Disambut Wakil Dubes RI di AS

Duta Besar Indonesia, Dr. Sujatmiko, mengaku bangga bisa mempersembahkan bingkisan hadiah yang kaya akan perpaduan budaa nusantara ini.

“Hadiah ini telah disiapkan sejak 2021 untuk dipersembahkan pada HUT ke-75 Sultan, namun karena pandemi kegiatan penyerahan ditunda sampai dengan tahun ini. Meskipun selama pandemi terdapat keterbatasan pengiriman dan logistik, akhirnya kami dapat mengirimkannya ke Brunei,” ucap Dr Sujatmiko.

Dijelaskan Dr Sujatmiko, persembahan hadiah ini untuk memperkenalkan keindahan gebyok beserta filosofinya. Dengan begitu diharapkan akan mempromosikan produk kerajinan Indonesia berkualitas tinggi kepada warga Brunei.

“Kami berterima kasih kepada Duta Besar Oman Yang Mulia Ahmed bin Hashil Al-Maskari sebagai Dean dan Kepala Perwakilan Diplomatik lainnya atas kepercayaan dan dukungan mereka selama proses pengiriman dan penyampaian hadiah. Saya berharap semoga persembahan gebyok ini akan selalu berada di hati Seri Baginda Sultan dan masyarakat Brunei Darussalam," ucap Ketua Sub Panitia Hadiah Tahun 2021-2022.

BACA JUGA: BMKG Sebut Wilayah di Jawa Terancam Disapu Tsunami Setinggi 10 Meter

Sementara itu, Sultan Haji Hassanal Bolkiah berkesempatan menyapa dan berbincang dengan para Duta Besar asing secara bergiliran.

Artikel ini sudah tayang di kemenlu.go.id dengan judul "Persembahan Khusus Kepada Sultan Brunei Darussalam : Pintu Kayu Ukir Jawa Klasik “Gebyok”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kbri bsb/kemlu ri