Citra Land Palembang

Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Ini Bersinergi dengan Poktan

Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Ini Bersinergi dengan Poktan

Babinsa Koramil 15-08/Danau Teluk melakukan pendampingan tanam jagung yang bersinergi dengan Pokda dalam mewujudkan ketahanan pangan.-Foto: Pendam II/Swj-Palpres.com

JAMBI, PALPRES.COM - Dalam mewujudkan program Ketahanan, Babinsa Koramil 15-08/Danau Teluk bersinergi dengan Kelompok Tani (Poktan).

Sinergitas ini juga dilakukan babinsa bersama UPTD Pertanian yang ada di Kecamatan Danau Teluk.

Danramil 415-08/Danau Teluk Kapten Inf Ibnu H menyampaikan bahwa, sinergi ini terus dibangun agar Program Ketahanan Pangan yang digagas oleh TNI AD ini sukses dilaksanakan ditingkat Koramil.

"Kami akan selalu bekerja sama dengan instansi terkait serta Kelompok Tani yang ada, seperti halnya yang dilakukan oleh para Babinsa, PPL dan Poktan yang bersinergi melaksanakan pemupukan tanaman jagung di areal Ketahanan Pangan Koramil," ujar Kapten Ibnu, Kamis (4/8/2022).

BACA JUGA:Pupuk Jagung Wujudkan Ketahanan Pangan

Dia menuturkan, areal lahan pangan yang lebih kurang 1 hektar ini, merupakan lahan tidur yang dimanfaatkan untuk ditanami jagung.

Dengan begitu, jagung ini tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas baik.

Sehingga harus dirawat serta dipupuk sesuai dengan ketentuan, baik pada pemupukan awal maupun pemupukan lanjutan.

"Jagung-jagung ini nantinya akan kami distribusikan kepada warga yang kurang mampu di wilayah, agar dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi bersama keluarga. Melalui para babinsa, kami selalu mengedukasi agar warga mau memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar tempat tinggalnya, untuk kemudian ditanami dengan tanaman yang bermanfaat seperti yang telah dilakukan oleh Koramil,” jelasnya.

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan, TNI Tanam Jagung di Lahan Seluas 5,5 Hektar

Pihaknya juga siap memberikan pendampingan kepada warga dalam memanfaatkan lahan tidur demi terwujudnya program ketahanan pangan, yang tentunya akan berdampak kepada kesejahteraan warga itu sendiri.

Seperti yang dirilis Dispenad, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M.,bersinergi dengan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Pertemuan ini dalam rangka melaksanakan perintah Kasad dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait ketahanan pangan. Selain itu juga untuk memberikan gambaran tentang lahan potensial Kopassus dalam penyiapan program ketahanan pangan,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Wamentan Harvick mengapresiasi upaya Kopassus dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.

Sumber: