Honda

Tingkatkan Kualitas Keluarga, Babinsa Koramil 405-11/TS Bantu Ini ke Petani

Tingkatkan Kualitas Keluarga, Babinsa Koramil 405-11/TS Bantu Ini ke Petani

Anggota Babinsa Koramil 405-11/Tanjung Sakti, membantu petani menanamkan bibit kacang tanah, Jumat (19/8/2022). -KORAMIL 405-11/TS -palpres.com


LAHAT, PALPRES.COM - Untuk meningkatkan kualitas pendapatan keluarga, Anggota Babinsa Koramil 405-11/Tanjung Sakti membantu petani di Desa Kepala Siring, Kecamatan Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat menanam bibit kacang tanah sekaligus memberikan arahan kepada mereka.

"Hal ini, tentunya memberi dampak dan keberkahan kepada petani, dimana untuk lahan disini sangat cocok sekali menanam sayuran apa saja termasuk kacang tanah," jelas Danramil 405-11/Tanjung Sakti, Kapten Kav Dwi Satrio, Jumat (19/8/2022).

Dwi Satrio menerangkan, sehingga petani bisa bercocok tanam dengan berbeda jenis sayuran maupun buah-buahan, dan roda perekonomian semakin baik.

"Oleh karena itu, perekonomian masyarakat atau petani cepat berputarnya, dan mereka tidak bergantung pada satu kegiatan atau tanam itu-itu saja, karena potensi lahan sangat baik dan subur, sehingga cocok bagi tanaman apa saja," harapnya.

BACA JUGA:Komsos, Babinsa Koramil 405-10/PGA Bantu Petani Kopi

Terpisah, Camat Tanjung Sakti Pumu, Arpin SE membenarkan, mayoritas mata pencaharian penduduk sebagai petani, dimana mereka bergantung terhadap apa yang ditanam.

"Kehidupan masyarakat sangat baik sekali, sehingga mereka bisa memutar pendapatan dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dan juga membeli bibit sayuran atau buah-buahan lagi," tandasnya.

Sebelumnya, Anggota Babinsa Koramil 405-11/Tanjung Sakti, Serda Sumardi ikut ambil bagian bersama-sama masyarakat desa se Kecamatan Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat, memperbaiki akses jalan ke kebun kopi.

Danramil 405-11/Tanjung Sakti, Kapten Kav Dwi Satrio membenarkan, anggota ikut terjun membantu penduduk desa yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, dengan membuka akses jalan menuju kebun kopi.

BACA JUGA:Anggota Babinsa Koramil 405-02/Merapi Saksikan Pembagian BLT

"Banyak aktifitas masyarakat desa berkebun kopi, sebelumnya sudah ada akses, akan tetapi sangat kecil, belum lagi berbahaya ketika berpapasan sesama sepeda motor dengan muatan kopi," jelasnya, Ahad (31/7/2022).

Oleh karena itulah, sambung dia, dengan semangat gotong royong, saling bahu membahu, akses tersebut kini dilebarkan sekitar 4 meter, supaya tidak lagi terjadi kecelakaan pada saat berpapasan satu sama lain.

"Alhamdulillah, akses tersebut sudah selesai, tinggal dilakukan pengerasan saja, ini mengantisipasi ketika musim hujan supaya tidak licin," tegas Dwi Satrio.

Sementara itu, Sarmin, salah satu warga mengemukakan, dirinya sangat bangga dengan anggota TNI AD yang ikut membantu bergotong royong membuka sekaligus membersihkan jalan menuju kebun kopi.

BACA JUGA:Sambil Duduk di Pance, Babinsa Koramil 405-11/TS Lakukan Ini

"Sangat terbantu sekali, sebab akses jalan ini satu-satunya bagi petani beraktifitas dan membawa hasil kebun untuk dijual atau dijemur terlebih dahulu," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com