Honda

Malam Penyematan Selempang, SMB IV: Tugas Putra Putri Palembang Darussalam Sangat Berat

 Malam Penyematan Selempang, SMB IV: Tugas Putra Putri Palembang Darussalam Sangat Berat

Foto bersama disela-sela Malam Penyematan Selempang dan Ramah Tamah Putra Putri Palembang Darussalam digelar di Atrium OPI Mall Jakabaring, Sabtu, 10 September 2022-Dudy Oskandar-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Malam Penyematan Selempang dan Ramah Tamah Putra Putri Palembang Darussalam digelar di Atrium OPI Mall Jakabaring,  Sabtu, (10/9).

Dalam kesempatan itu, Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH menegaskan bahwa ke depan tugas Putra dan Putri Palembang Darussalam sangat lah berat.

SMB IV lalu mengisahkan bagaimana Negeri Palembang Darussalam di masa lalu  wilayahnya sangat luas meliputi lima Provinsi, yakni Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bangka Belitung dan sebagian Bengkulu.

“Artinya tugas yang akan diemban kedepan oleh Putra dan Putri Palembang Darussalam sangat berat, karena mereka bertugas mengenalkan kebudayaan Negeri Palembang Darussalam ini. 

BACA JUGA: SMB IV: Berkat Kegigihan SMB III, Banyak Adat Budaya Palembang Darussalam Dapat Diselamatkan

Malam ini untuk pengalungan Selempang, menurut SMB IV, dilakukan kepada 20 Putri dan 5 putra, karena syaratnya untuk menjadi Putri Putri diantaranya harus bisa mengaji. 

Sedang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel diwakili oleh Kabid Kebudayaan Cahyo Sulistyaningsih menilai, untuk mempertahankan dan melestarikan semua tinggalan budaya khususnya tentang Kesultanan Palembang Darussalam, merupakan tugas Dinas Kebudayaan.

Seperti yang diamanatkan undang-undang pemajuan kebudayaan, salah satunya adalah pelestarian cagar budaya. 

“Selamat kepada Putra dan Putri Palembang Darussalam yang telah mendapatkan selempang. 

BACA JUGA: Kesultanan Palembang Darussalam dan KAMMI Jajaki Kerjasama

Putra Putri Palembang Darussalam sekarang mendapat tugas untuk menjelaskan tentang Kesultanan Palembang Darussalam, agar kebudayaan Palembang dapat lestari," kata Cahyo. 

Ketua Panitia Pemilihan Putra Putri Palembang Darussalam sekaligus Founder Putra Putri Kesultanan Palembang Darussalam, Kiki Kirana menjelaskan, Putra Putri Palembang Darussalam 2022 malam ini resmi bertugas setelah sebelumnnya diadakan pelatihan dan seleksi di Kesultanan Palembang Darussalam.

“Sengaja kita memilih  24 finalis semuanya bergelar Putra dan Putri, agar segera dapat bertugas dan ada kesetaraan diantara semua yang sudah terseleksi oleh waktu pengetahuan dan komitment mereka dari awal mendaftar,” katanya.

Selanjutnya menurutnya, semua akan bertugas selama dua tahun menjadi Duta Kesultanan Palembang Darussalam, sambil mendalami dan belajar lebih banyak tentang adat budaya seni warisan leluhur Kesultanan Palembang Darussalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com