Honda

Penyebab Banjir Sebagian Besar Kesalahan Manusia

Penyebab Banjir Sebagian Besar Kesalahan Manusia

Warga bergotong royong menormalisasi saluran air mencegah banjir-Eko Palpres.com-

PAGARALAM, PALPRES.COM – Setiap tingginya intensitas hujan yang melanda wilayah Kota Pagaralam akhir-akhir inipasti  terjadi banjir. Hal ini membuat warga yang terdampak sangat menderita.

Menanggapi permasalahan banjir tersebut Walikota Pagaralam Alpian Maskoni menyampaikan bahwa penyebab utama banjir tersebut adalah manusia.

BACA JUGA: Jajaran Polres Pagaralam Sambangi Korban Banjir dan Beri Bantuan

"Memang sekarang banjir cepat terjadi. Tetapi masalah banjir ini tidak terlepas dari kita sendiri. Perilaku membuang sampah sembaranganasih menkadi kendala utama," ujar Alpian.

Menurutnya, permasalahan sampah memang sudah sangat akut. Petugas sampah seringkali kewalahan membersihkan sampah terutama di saluran air seperti gorong-gorong, selokan atau sungai.

BACA JUGA: Jajaran Polres Pagaralam Sambangi Korban Banjir dan Beri Bantuan


"Sewaktu Pemkot dan polres membersihkan saluran air memang sampah ini sudah sangat menumpuk dan menghambat jalannya air," lanjut dia.

Belum lagi, katanya, penyempitan saluran air akibat pembangunan permukiman yang pesat ditambah tidak bagusnya pembangunan saluran air limbah membuat hujan lebat sebentar saja mengakibatkan banjir," kata dia.

BACA JUGA:Libur Muharam, Tempat Wisata di Pagaralam Banjir Wisatawan

DIterangkannya untuk itu sebagai salah satu langkah antisipasi, beberapa titik lokasi di wilayah Kota Pagaralam yang kerap langganan banjir akibat meluapnya saluran air, dilakukan normalisasi drainase.
"Banjir ini harus kita tanggulangi bersama-sama. Tidak hanya Pemkot tetapi kesadran masyarakat harus terus ditumbuhkan," pungkasnya. KOE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com