Honda

Masyarakat Harus Makan yang Layak Konsumsi dan Bergizi

Masyarakat Harus Makan yang Layak Konsumsi dan Bergizi

Penyuluhan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) ketahan pangan di Gedung Serbaguna Pemkab Empat Lawang bersama TP PKK Kabupaten Empat Lawang.-Eko Wahyudi-Palpres.com

EMPATLAWANG, PALPRES.COM- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Safriani menyampaikan, ketahanan pangan khususnya makanan yang dikonsumsi masyarakat harus sudah layak konsumsi dan memenuhi kecukupan gizi. 

Ia menyampaikan hal itu saat Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Empat Lawang serta BPOM Kota Lubuk Linggau mengadakan penyuluhan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) ketahan pangan di Gedung Serbaguna Pemkab Empat Lawang.

Hepy Safriani menyampaikan, ketahanan pangan khususnya makanan yang dikonsumsi masyarakat harus sudah layak konsumsi dan memenuhi kecukupan gizi. 

“Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup," ungkap Hepy saat menyampaikan sambutannya di kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Cegah Stunting, Remaja Putri di Lahat Minum Satu Tablet Tambah Darah Perminggu

Dia menyebut, tersedianya pangan yang dimaksud, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. 

“Saya berharap makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat sudah layak, sehat, serta tercukupi,” harapnya.

Masih diungkapkan perempuan yang juga mengetuai TP PKK Kabupaten Empat Lawang tersebut, dalam rangka mewujudkan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, telah mengamanatkan, bahwa masyarakat mempunyai hak dan kesempatan seluas-luasnya dalam upaya mewujudkan cadangan pangan.

BACA JUGA:Ikuti Arahan Presiden, Bupati OKU Timur Siap Jalankan Instruksi

Pemerintah terus menjaga ketersediaan pangan melalui pilar ketahanan pangan, yang terdiri dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, terjangkaunya pangan atau memiliki sumber daya untuk mendapatkan pangan, serta penggunaan pangan yang tepat berdasarkan pengetahuan gizinya.

“Saya berkeinginan seluruh anggota PKK terkhusus unit PKK yang suaminya baru dilantik, mengetahui (jenis) makanan yang sehat, yang baik untuk dikonsumsi. Serta terus mengajak masyarakat di pedesaan untuk menjaga pola hidup sehat," tandasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com