Honda

Balai Benih Ikan Ogan Ilir Mulai Budidaya Udang Satang

Balai Benih Ikan Ogan Ilir Mulai Budidaya Udang Satang

Pegawai Balai Benih Ikan Ogan Ilir menununjukkan salah satu anakan udang satang yang lagi dibudidayakan.-Widjan Palpres.com-

OGAN ILIR,PALPRES.COM- Sukses melakukan budidaya berbacam-macam ikan konsumsi, dan beberapa ikan hias, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan saat ini mencoba membudidayakan udang satang. 
 
Potensi udang satang sangat baik dan diprediksi mampu menambah pundi pundi Pendapatn Asli Daerah (PAD). Budidaya udang satang tersebut dilakukan di Balai Benih Ikan (BBI), Ogan Ilir berlokasi di Desa Pering, Indralaya Utara, Ogan Ilir.
 
 
Kepala Dinas Perikanan Ogan Ilir, Drs Bustanul Arifin, saat ditemui di area BBI Rabu 05 Oktober 2022 mengatakan, dipilihnya udang satang sebagai target budidaya selanjutnya lantaran udang satang memiliki nilai jual yang tinggi saat ini populasinya sudah mulai menurun.
 
"Ya, udang satang saat menjadi dasar utama dan menjadi target unggulan. Populasi udang satang sudah menurun dan berangkat dari situ kita coba budidaya udang satang," bebernya.
 
 
Dikatakannya, bahwa udang satang menjadi salah satu jenis unggulan yang dibudidayakan dengan konsep dimana BBI Ogan Ilir menjadi tempat pemijahan dan selanjutnya bibit akan disebar ke sungai agar populasinya terus berkembang.
 
"Tentu ini juga bisa menjadi PAD bagi Ogan Ilir. Saya yakin, jika dibudidaya dengan baik, akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa," katanya.
 
 
Lanjut Bustanul, selain itu juga bisa menjadi suport kepada masyarakat dimana tidak hanya ikan yang menjadi budidaya tujuan, namun udang satang juga memiliki potensi dan sangat menghasilkan kedepannya.
 
 
"Prospek bisnis tinggi pasar luas dan persaingan penjualan sedikit. Saat inipun penghasil udang minim. Kita akan arahkan budidaya udang benih dari sini dan bisa dibesarakn sebagai bentuk peningkatan perekonokian masyarakat. Jangan hanya orientasi pada ikan lele, toman dan lain-lian. Saya juga bertekad kedepan Ogan Ilir menjadi populasi ikan dan udang tertinggi di Indonesia," harapnya. VIV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com