Honda

Tumbuhkan Minat Baca, Sheila Noberta Buka Festival Literasi di OKU Timur

Tumbuhkan Minat Baca, Sheila Noberta Buka Festival Literasi di OKU Timur

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur menyelenggarakan Festival Literasi yang dibuka langsung oleh Bunda Literasi OKUT dr Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes.-Arman-Palpres.com

MARTAPURA, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Literasi yang dibuka langsung oleh Bunda Literasi OKU Timur dr Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes.

Kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan indeks pembangunan literasi masyarakat untuk kesejahteraan.

Sheila Noberta dalam sambutannya mengatakan, Festival Literasi ini dapat menumbuhkan budaya membaca, kegiatan ini juga dianggap merupakan wadah menimbah pengalaman.

"Literasi sangat penting, selain dapat baca tulis juga dituntut untuk dapat lebih memahami serta menerapkan apa yang kita baca yang berdampak atau berujung bisa menghasilkan suatu produk atau jasa" katanya.

Sheila menginginkan generasi muda bisa menerapkan, awalnya dari seorang konsumen beralih menjadi seorang produsen.

"Setelah menimba ilmu, para pelajar bisa berkreasi dengan membuahkan kreatifitas yang memiliki daya jual, juga dapat meningkatkan skill pada diri anak-anak sedari awal berkat literasi," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DR Sopian Hadi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Bung Edi Subandi, SE, MM di SMP Negeri 1 Belitang Mulya,kemarin.

Untuk diketahui, dalam Festival Literasi Tahun 2022 ini, terbagi menjadi 4 zona, Zona 1 dilaksanakan di SD Negeri 20 Martapura, Zona 2 dilaksanakan di SMP Negeri 3 BMR, Zona 3 di SMP Negeri 1 Belitang Mulya dan Zona 4 di SMP Negeri 1 Semendawai Barat.

Festival Literasi tahun ini diawali di zona lll yang meliputi dari 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Belitang Mulya, Kecamatan Belitang ll, Kecamatan Belitang lll, Kecamatan Semendawai Suku III dan Kecamatan Semendawai Timur. 

 

Kampung Literasi

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, meluncurkan kampung literasi di Balai Rakyat Martapura untuk meningkatkan minat membaca masyarakat di daerah itu.

"Program ini merupakan implementasi dari amanat UU 43 Tahun 2007 sebagai upaya meningkatkan minat membaca masyarakat OKU Timur," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan OKU Timur Sopian Hadi di Martapura.

Dia mengatakan, kampung literasi yang diresmikan oleh Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah tersebut didirikan untuk meningkatkan motivasi pendidikan melalui membaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: