Honda

Pekarangan Rumah Warga Desa Jagabaya Miliki Tanaman Buah

Pekarangan Rumah Warga Desa Jagabaya Miliki Tanaman Buah

RAMBUTAN : Kades Jagabaya, Bambang Heriadi ST memperlihatkan hasil kebun berupa rambutan, belum lama ini.-Foto Pemdes Jagabaya For Palpres.com-

LAHAT,PALPRES.COM - Desa Jagabaya, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat secara geografis dan topografi, sangat ideal sekali dalam membudidayakan beberapa jenis tanaman buah-buahan, seperti, rambutan, mangga, jambu biji, jambu air, nangka, dan kelengkeng.
 
"Hal ini bisa kita jumpai disetiap pekarangan rumah warga, ketika menelusuri akses jalan desa, banyak sekali buah-buahan yang ditanam oleh pemilik rumah," jelas Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Bambang Heriadi ST, Ahad 9 Oktober 2022.
 
 
Bahkan, sambung Bambang, tanaman palawija jenis kacang kedelai sering ditemui, ini tentunya menjadi penghasilan tambahan buat masyarakat ketika buah-buahan tersebut sedang musim.
 
"Ada satu rumah sampai tiga atau empat jenis buah-buahan, tentunya akan mengerakkan roda perekonomian secara tidak langsung, kendatipun mata pencaharian penduduk mayoritas berkebun, menanam padi, kelapa sawit dan karet," paparnya.
 
 
Ia menambahkan, melihat dari potensi tersebut, makanya melalui program yang diterapkan Pemerintah Desa (Pemdes), agar setiap pengantin baru wajib menanamkan tanaman buah-buahan ataupun bibit pohon apapun.
 
"Dikarenakan tektur tanah yang sangat mendukung sekali, belum lagi kebun durian dan duku sebagai pendukung mereka mencari rezeki," pungkas Bambang Heriadi.
 
 
Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Leni Marlina menuturkan, dirinya sendiri didepan Pekarangan rumah menanam beberapa jenis buah-buahan, yang apabila musim dapat dipanen dan dijual.
 
"Baik saya jual didepan rumah maupun ke pasar, untuk menambah pendapatan keluarga dan kebutuhan sehari-hari lainnya," terangnya.
 
 
Dirinya berharap, apa yang telah dikerjakan selama ini ditambah program dari Pemdes Jagabaya, untuk terus dijalankan, setidaknya mampu mengurangi beban masyarakat.
 
"Oleh karena itulah, BPD sangat mendukung sekali kebijakan yang diambil Pemdes, selama hal itu memang bersinggungan langsung kepada masyarakat dan hasilnya mereka memanfaatkannya," tandas Leni Marlina. BRN
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com