Honda

Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang Gelar Pelatihan Rescue di Medan Ketinggian

  Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang Gelar Pelatihan Rescue di Medan Ketinggian

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang, Heri Marantika S.H M, Si-Basarnas-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang menggelar latihan beregu dan satuan di ketinggian selama 2 hari, dari tanggal 11 hingga 12 Oktober 2022.

Pelatihan itu ditujukan, guna meningkatkan kesiapsiaagaan serta kompetensi tim rescue di medan ketinggian atau vertical.

Kegiatan resmi dibuka pada pagi Selasa, 11 Oktober 2022,  pagioleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang, Heri Marantika S.H M, Si.

Dalam sambutannya, Heri Marantika meminta agar personel yang terlibat dalam latihan satuan bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan.

BACA JUGA: Cari Bocah yang Tenggelam, Basarnas Turunkan Peralatan Canggih Aqua Eye

“Latihan sangat penting bagi rescuer atau penolong, dimana kegiatan ini untuk mengasah kemampuan personel.

Dalam latihan kita mengingatkan tetap mengutamakan keselamatan diri dan menjaga kesehatan, agar senantiasa fit dalam melaksanakan latihan ini, “ ujar Heri.

Ditambahkan Heri, peserta latihan sebanyak 21 orang personel.  

Kegiatan pelatihan dimulai dengan pemberian materi teori di Gedung Inovasi Kantor pencarian dan Pertolongan Palembang, yang kemudian dilanjutkan dengan materi praktik.

BACA JUGA: Koidin Tenggelam di Sungai Ogan, Basarnas Sisir Lokasi

“Materi pelatihan praktik dilaksanakan di Air Batu, Musi Banyuasin, berupa teori dan praktik, seperti sistem lifting, lowering, hingga manajemen tandu,’’ ungkap Heri.

Ditambahkan Heri, keterampilan di bidang penyelamatan di ketinggian sering dilakukan untuk mengantisipasi beberapa jenis bencana, seperti kecelakaan kendaraan bermotor/mobil masuk jurang atau orang masuk ke sumur.

“Maka dari tujuan digelarnya pelatihan itu untuk memberikan keterampilan pada rescuer untuk menghadapi kecelakaan atau bencana di area ketinggian, sehingga bisa maksimal dalam memberikan pelayan SAR yang cepat, tepat, dan professional,” tukas Heri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com