Honda

Univeritas Palembang Ubah Pola Pikir Mahasiswa Dalam Pertanian Modern

Univeritas Palembang Ubah Pola Pikir Mahasiswa Dalam Pertanian Modern

Mahasiswa diajak untuk memahami persaingan global pada sektor usaha pertanian. Dalam kegiatan ini, Fakultas Pertanian mengundang Analisis Perkarantinaan Tumbuhan Ahli Utama, Dr Ir Antarjo Dikin MSc.-Sri Devi-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Civitas Akademika Fakultas Pertanian Universitas Palembang terus memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam melaksanakan pertanian secara modern.

Seperti kali ini, mahasiswa diajak untuk memahami persaingan global pada sektor usaha pertanian. Dalam kegiatan ini, Fakultas Pertanian mengundang Analisis Perkarantinaan Tumbuhan Ahli Utama, Dr Ir Antarjo Dikin MSc.

Kegiatan yang dikemas dalam Kuliah Umum Fakultas Pertanian Universitas Palembang ini bertemakan penguatan profesional para mahasiswa dalam pengembangan bidang usaha pertanian dalam perdagangan global.

Dr Antarjo mengatakan, sektor pertanian memiliki ancaman dalam perdagangan global. Selain perubahan cuaca yang tidak menentu, pembalakan hutan secara ilegal juga menjadi permasalahan serius.

BACA JUGA:IKA FP Universitas Palembang Diminta Edukasi Masyarakat terkait Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

“Oleh sebab itulah NPPO berkomitmen secara kuat dalam menjamin kesehatan tumbuhan dalam harmonisasi perdagangan,” jelasnya.

Masalah lain, sambung dia, keterbatasan lahan ikut mempengaruhi produktifitas pertanian yang berkelanjutan serta pakan yang bisa memitigasi cemaran yang berbahaya.

“Hambatan lainnya mulai dari mutu yang warnanya tidak terang. Kadang ada buah impor berformalin, tapi itulah target dari perdagangan global,” terangnya.

Untuk itulah, sambung Dr Antarjo, peningkatan kemampuan personal pada bidang perlindungan tumbuhan dibutuhkan. Selain itu juga dibutuhkan disiplin ilmu lainnya dalam perjanjian internasional sebagai ancaman isu global.

“Tujuannya untuk antisipasi tidak terganggu perdagangan produk pertanian dan Indonesia bukan sebagai pangsa pasar negara maju,” ucapnya.

Oleh sebab itulah dia memotivasi para mahasiswa agar dapat berpikir pertanian dalam arti luas.

“Karena pertanian itu adalah penyumbang ekonomi dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Palembang Zulkifli S Mukti SH MH, melalui Dekan Fakuktas Pertanian, Ir Gamal Abd Nasser MSi berharap melalui kuliah umum ini dapat memotivasi mahasiswa sehingga bisa mengapliksikannya di tempat kerja dan masyarakat.

BACA JUGA:Alumni Unpal Dibekali Ilmu Pertanian Modern, Begini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com