Honda

Penghitungan Suara Pilkades Berujung Bentrok Antar Pendukung Calon, Begini Kondisinya Saat Ini

Penghitungan Suara Pilkades Berujung Bentrok Antar Pendukung Calon, Begini Kondisinya Saat Ini

Penghitungan suara Pilakdes di Desa Kelampaian terjadi kisruh antar pendukung calon yang berujung pada pengerusakan kotak suara dan juga penusukan terhadap pendukung calon Kades yang menang.-Widjan-Palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM- Penghitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Kelampaian, Kecamatan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Ilir terpaksa dilakukan di Kantor Camat Rantau Alai.

Pasalnya, di Desa ini terjadi kisruh antar pendukung calon yang berujung pada pengerusakan kotak suara dan juga penusukan terhadap pendukung calon Kades yang menang.

Informasi yang dihimpun Palpres.com, peristiwa keributan itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Sabtu, 15 Oktober 2022. 

Dimana antar pendukung calon Kades nomor urut 1 dengan calon Kades nomor urut 2, atas nama Deni Iriansyah dengan Ihsan. Korban Deni Iriansyah, mengalami luka tusuk dibahu sebelah kiri.

BACA JUGA:7 Kades Incumbent di Kecamatan Payaraman Tumbang, Ini Nama-nama Desanya?

Adapun motif kejadian, yakni, pendukung calon Kades nomor urut 2 kalah dalam penghitungan suara. Sebagai pelampiasannya, kotak suara dihancurkan pakai parang.

Saat ini, situasi dan kondisi sudah mulai kondusif. "Kisruh itu, yang namanya pertandingan dan persaingan itu hal-hal yang biasa. Proses penghitungan tetap jalan, setelah jadi keributan kemarin, dan sudah tenang, hasil kesepakatan dihitung tempat aman, yakni di Kantor Camat Rantai Alai," tutut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Akh Lutfi, Minggu 16 Oktober 2022.

Untuk penghitungan Desa ini katanya, sudah selesai, bahkan pihaknya sebagai panitia Kabupaten sudah menerima tembusan dari Kecamatan, SK bagi calon kades yang meraih suara terbanyak, dari dua calon tersebut.

“Alhamdulillah, sampai saat ini aman, tidak ada masalah. Pada awak media, kami mohon doa, seperti apa yang disampaikan pak Bupati dan pak Kapolres agar memberikan informasi yang baik, jangan membuat informasi yang memicu salah paham," tukasnya.

Berita Terkait, Anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Afrizal, mengimbau kepada seluruh warga yang desanya menyelenggarakan Pilkades serentak supaya tetap menjaga stabilitas keamanan di desanya masing-masing.

"Semoga saja berjalan dengan lancar, karena ini pesta demokrasi yang paling dasar, dimana langsung menyentuh kepada masyarakat," ujar Ketua Fraksi NasDem ini, Sabtu 15 Oktober 2022.

Menurutnya, orang yang dipilih ini memang berasal dari masyarakat desa tersebut. 

Untuk itu, dia mengajak kepada masyarakat supaya menjaga stabilitas keamanan, ketertiban, kemudian tidak ada gesekan-gesekan yang memicu pada hal-hal negatif.

BACA JUGA: Ini Daerah Rawan Konflik Saat Pilkades Serentak di Ogan Ilir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com