Honda

Soal Coretan di Polres Luwu, Kapolri Sudah Instruksikan Kadiv Propam untuk Dalami

Soal Coretan di Polres Luwu, Kapolri Sudah Instruksikan Kadiv Propam untuk Dalami

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespon masukan dari personel Polri dan masyarakat yang meminta untuk mendalami munculnya coretan 'Sarang Pungli' di Polres Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). --Istimewa/palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespon masukan dari personel Polri dan masyarakat yang meminta untuk mendalami munculnya coretan 'Sarang Pungli' di Polres Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Sebagai komitmen menyerap aspirasi terkait hal tersebut, Sigit menyatakan sudah memerintahkan Kadiv Propam Polri untuk melakukan pendalaman terkait munculnya tulisan tersebut. 

"Ada masukan dari personel Polri dan masyarakat akan hal tersebut. Oleh sebab itu, saya sudah instruksikan kepada Kadiv Propam dan jajarannya untuk mendalami munculnya tulisan tersebut," kata Sigit kepada wartawan, Jakarta, Selasa 18 Oktober 2022. 

Tak hanya Divisi Propam, Sigit menyebut, sudah meminta kepada Kapolda Sulsel untuk melakukan hal yang sama terkait dengan pendalaman hal tersebut. 

BACA JUGA:Kapolri Harap Dorong P3DN Demi Tingkatkan Perekonomian Nasional

“Kapolda juga sudah saya minta untuk bergerak langsung mengusut hal tersebut," ujar Sigit. Untuk diketahui, tulisan 'Sarang Pungli' muncul di dinding Gedung Polres Luwu, Sulawesi Selatan. Coretan itu ternyata ditulis oleh anggota Kepolisian Aipda HR. 

Terkait coretannya, Aipda HR mengaku siap membuktikan tulisan 'Sarang Pungli' tersebut. Disisi lain, pihak Polres Luwu sendiri mengatakan bahwa, sosok yang melakukan coretan dinding tersebut mengalami gangguan mental. 

Berita Terkait Lainnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan TR Irjen Teddy Minahasa, dimana sebelumnya ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Timur (Jatim).

Jenderal Listyo menjelaskan, bahwa sebagai gantinya yang akan mengisi orang nomor satu di Polda Jatim Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH. 

Ini berdasarkan surat telegram Nomor ST:2223/X/KEP/2022 yang beredar didapatkan bahwa Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, dimutasikan menjadi Kapolda Jatim menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Sedangkan tugas Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH di Polda Sumsel akan diserahkan kepada Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, yang sebelumnya merupakan Kapolda Jambi.

Dalam mutasi itu, Irjen Pol Rusdi Hartono batal menjadi Kapolda Sumbar. Rusdi diangkat menjadi Kapolda Jambi.

"Terkait dengan posisi Irjen Teddy Minahasa yang beberapa waktu lalu kita keluarkan dan kali ini kita keluarkan TR pembatalan," jelas Jenderal Listyo. 

BACA JUGA:Kapolri Berharap Tradisi Keceran di Banten Harus Dikembangkan dan Dikenal Seluruh Dunia

Sebagai informasi, Irjen Teddy Minahasa seharusnya resmi menjabat Kapolda Jatim pekan depan. 

Irjen Teddy Minahasa akan menggantikan Irjen Nico Afinta, yang ditempatkan di posisi baru.

Irjen Teddy sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Sedangkan Irjen Nico Afinta dimutasi menjadi Sahlisosbud Kapolri.  

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Teddy Minahasa dikabarkan ditangkap Propam Mabes Polri karena diduga tersangkut kasus narkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com