Honda

Atasi Stunting Sejak Dini, Minum Tablet Tambah Darah

Atasi Stunting Sejak Dini, Minum Tablet Tambah Darah

Siswi SMPN dan SMAN 1 Merapi Selatan, minum tablet tambah darah untuk mengatasi anemia sekaligus mencegah stunting, Rabu 26 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Ratusan siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Merapi Selatan, Kabupaten Lahat mengikuti kegiatan aksi bergizi di sekolah.

Dengan melakukan makanan seimbang dengan sayuran maupun buah-buahan, olahraga fisik setiap hari dan minum tablet tambah darah untuk mengatasi anemia.

"Salah satu penyebab terjadinya stunting dikarenakan anemia, makanya kita beri tablet yang diminum seminggu sekali," jelas Kepala Puskesmas Rawat Inap Perangai, Suri Komala STrKep, Rabu 26 Oktober 2022.

Suri Komala menambahkan, tentunya dengan aksi bergizi dilaksanakan serentak secara nasional ini, akan mampu mengantisipasi terjadinya stunting yang dimulai pada remaja putri. 

BACA JUGA:Air Bersih Mengalir, Mampu Tekan Angka Stunting

Dan perlu diperhatikan menu makanannya sendiri harus bernutrisi tinggi ditambah buah-buahan.

"Mesti berimbang dan tak lupa jalankan olahraga fisik, sehingga nantinya badan kita akan terjaga sehat dan segar, dengan demikian, generasi penerus pun tidak akan mudah terjangkit penyakit," ulasnya.

Dirinya berharap, peran serta orang tua di rumah dan guru di sekolah, untuk menjalankan sosialisasi aksi bergizi ini sangat penting sekali, jangan hanya sekali ini saja diterapkan, melainkan secara kontiyu dengan harapan remaja putri apabila mereka menyelesaikan study dan melanjutkan ke jenjang pernikahan, maka, kondisi tubuhnya tidak ada permasalahan.

"Terlebih lagi, asupan makanan bergizi perlu diperhatikan, jangan sampai ketika mengandung dan pasca persalinan anak mengalami gangguan kekurangan gizi, sehingga menyebabkan stunting," pungkas Suri Komala.

BACA JUGA:Tekan Stunting, Dinkes Lahat Luncurkan Si Penting Gaspol

Senada, Kepala SMPN 1 Merapi Selatan, Subur SPd menyampaikan, kegiatan aksi bergizi di sekolah ini sangat baik sekali, terutama bagi siswi yang kedepannya akan memberikan dampak bagi keluarga.

"Minum tablet penambah darah, makanan seimbang dan bergizi maupun olahraga fisik tersebut, akan menjadi dukungan bagi mereka dan generasi penerus bangsa, supaya tidak mudah cepat tertular penyakit," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com