Honda

Ogan Ilir Ramaikan Pergelaran Seni Budaya Sumsel di TMII

Ogan Ilir Ramaikan Pergelaran Seni Budaya Sumsel di TMII

Bupati Kab. Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, S.H. dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sumsel Dr. H. Aufa Syahrizal, S.P., M.Sc., berfoto bersama para penari usai meramaikan Pergelaran Seni Budaya Sumatera Selatan yang digelar Disbudpar Sumsel d-Foto: Istimewa-

JAKARTA, PALPRES.COM – Kabupaten Ogan Ilir (OI) ikut meramaikan Pergelaran Seni Budaya Sumatera Selatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ahad, 30 Oktober 2022.

Seperti diketahui, Pergelaran Seni Budaya ini menjadi sebuah ajang yang dapat digunakan oleh semua pihak untuk memperkenalkan budaya asli di suatu masyarakat ke masyarakat luar yang cakupannya lebih luas.

Pergelaran Seni Budaya Sumatera Selatan Tahun 2022 dari Ogan Ilir resmi dibuka dengan ditandai pemukulan Dull bersama oleh Bupati Kab. Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, S.H. dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sumsel Dr. H. Aufa Syahrizal, S.P., M.Sc.

Beragam penampilan seni budaya yang ditampilkan saat pergelaran seni budaya ini digelar, mulai dari penampilan Tari Besan, Tari Ngandon, Tari Keris dan Tari Cabang Dua.

BACA JUGA:Seni Daerah Sumsel Dekatkan Warga Jabodetabek

Adapula penampilan seni Gitar Tunggal Batanghari 9 dan penampilan dari tim kesenian yang membawakan beberapa lagi-lagu daerah khas dari Kab. Ogan Ilir.

Pergelaran Seni Budaya ini berbeda dari hari sebelumnya.

Dalam penampilan dari Ogan Ilir ini menampilkan Seni Teater, Syarofal Anam sampai dengan Seni Beladiri Pencak Silat Betagam yang sangat apik dikemas dan disajikan untuk menghibur para tamu undangan.

Tak ketinggalan pula, stan UMKM yang menjual berbagai produk khas dari Kab. Ogan Ilir menjadi incaran bagi para tamu undangan dan pengunjung.

BACA JUGA:Wabup Buka Pergelaran Seni Budaya OKUT di TMII

Tujuannya untuk melihat lebih dekat bagaimana keragaman budaya yang berkembang dan dimiliki daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) OI, Sayadi, S.Sos melalui Kabid Kebudayaan, kegiatan tersebut secara teknis akan  oleh Dewan Kesenian Ogan Ilir (DKOI) serta Bidang UKM Disperindagkop OI.

"Untuk teknis pagelaran seni budaya dilakukan oleh Dewan Kesenian, sedangkan pameran potensi wisata oleh bidang UKM Disperindagkop. Namun dibawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) sebagai penanggungjawab," ungkapnya, Sabtu 29 Oktober 2022.

Menurut Khairul Kaswan, seni budaya OI yang dipergelaran berupa tarian, lagu-lagu daerah termasuk gitar tunggal Batang Hari Sembilan, atraksi seni pencak silat, sarofal anam, serta drama legenda Putri Pinang Masak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: