Honda

Pose Sederhana Ini Selamatkan Nyawa saat Terjebak dalam Kerumunan dan Berdesak-desakan

Pose Sederhana Ini Selamatkan Nyawa saat Terjebak dalam Kerumunan dan Berdesak-desakan

Kepulan asap dari gas air mata yang ditembakkan petugas guna menghalau aksi anarkis massa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, --fin.co.id

PALEMBANG,PALPRES.COM- Pose sederhana yang sangat efektif saat terjebak dalam kerumunan

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan sejumlah peristiwa yang menelan banyak korban jiwa yang diakibatkan karena kehabisan nafas akibat terjebak dalam kerumunan dan berdesak-desakan. 

Yang baru terjadi adalah tragedi Stadion Kanjuruhan pada 1 oktober 2022 dengan 135 korban jiwa. 

Peristiwa ini terjadi saat pertanding antara Arema FC dan Persebaya FC di Stadion Kanjuruhan Kota Malang yang berakhir ricuh. Tragedi itu semakin parah saat pihak kepolisian yang berjaga di dalam stadion melontarkan gas air mata ke tribun penonton yang membuat suasana panik dan penonton berhamburan mencari pintu keluar. 

BACA JUGA:Kanjuruhan, Ungkapan Duka Sang Legenda

Usai tragedy Stadion Kanjuruhan, peristiwa yang hampir sama juga terjadi di Korea Selatan tepatnya distrik Itaewon di malam perayaan Halloween. Peristiwa yang terjadi pada Sabtu malam 29 Oktober 2022 dimana pengunjung berdesak-desakan di gang sempit yang menyebabkan 151 orang pengunjung meninggal dunia akibat henti jantung yang didominasi pengunjung remaja.  

Berkaca dari dua peristiwa tersebut, kebanyakan dari kita banyak yang belum mengetahui bagaimana menghadapi situasi terjebak dalam kerumunan dan berdesak-desakan. 

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang tips jika terjebak dalam kerumunan dan berdesak-desakan.  

BACA JUGA: Polri Tahan 6 Tersangka Peristiwa di Stadion Kanjuruhan

Sebenarnya ada cara sederhana untuk mengantisipasi jika terjebal dalam kerumunan dan berdesak-desakan yang perlu anda ketahui dan anda praktekkan bila mengalami kejadian serupa. 

Yang pertama harus dilakukan saat mengalami situasi terjebak dalam kerumunan adalah menjaga keseimbangan tubuh. Jika posisi kaki kita rapat tubuh tidak akan seimbang apabila ada dorongan dari belakang sudah dipastikan tubuh kita akan terjatuh dan terinjak oleh yang lain. 

Sebaiknya, jika menghadapi situasi terjebak dalam kerumanan dan berdesak-desakan, lakukanlah pose sederhana dengan membuka kedua kaki lebih lebar untuk keseimbangan dan letakkan kedua lengan menghadap ke atas di depan dada seperti petinju. 

Posisi ini akan membanntu melindungi jantung dan paru-paru anda dari kemungkinan ribuan pon tekanan pada dada saat berdesak-desakan. Pose sederhana itu ternyata efektif dan mungkin dapat menyelamatkan hidup. 

BACA JUGA:Pesta Halloween di Itaewon Berujung Maut, 149 orang Tewas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: